DenpasarSosial

Temuan Kasus DBD di Kawasan Sekuta Sanur

Puskesmas II Denpasar Selatan Lakukan Fogging Focus

    DENPASAR, Kilasbali.com – Menindaklanjuti laporan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kawasan Jalan Sekuta, Kelurahan Sanur Denpasar Selatan, Pemerintah Kota Denpasar melalui Puskesmas II Denpasar Selatan melaksanakan giat fogging fokus di lokasi tersebut pada Kamis, 9 Februari 2023.

    Kepala Puskesmas II Denpasar Selatan, dr. Ida Ayu Ketut Martini saat dihubungi mengatakan giat fogging di lokasi ini dilaksanakan oleh tim dari Puskesmas II Denpasar Selatan dibantu aparat lingkungan sekitar. Di Banjar Sekuta menindaklanjuti penderita DBD 1 orang.

    “Setelah itu tim jumantik melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) ke disekitarnya juga ditemukan penderita panas sebanyak 2 orang. Kemudian kami lanjutkan dengan pemeriksaan 45 rumah dengan hasil penemuan jentik ada di 9 rumah, sehingga dilakukan fogging fokus.” ujarnya.

    Baca Juga:  Baliho Menjamur, Wajah Ibu Kota Semrawut

    Untuk mencegah penyebaran kasus dilakukan pemeriksaan jentik secara rutin setiap hari. Namun demikian, untuk fogging harus ada indikasi tertentu seperti ada penderita yang sudah didiagnosa sakit DBD.

    ‚ÄúSistem tracking dalam kasus DB dilakukan dengan pelacakan di area 200 meter dari penderita DBD. Hal ini untuk cek ada warga panas atau tidak. Setelah itu dilakukan pengecekan adanya jentik di area sekitarnya,” tambahnya.

    dr. Ida Ayu Ketut Martini berharap agar masyarakat lebih waspada dan secara aktif melakukan 3 M plus sebagai cara pencegahan awal dari penyakit DBD.

    Baca Juga:  TopGolf Hadir di Bali

    “Lebih intensif menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dengan melakukan gotong royong menghilangkan tempat – tempat yang memungkinkan nyamuk berkembang biak seperti timbunan sampah plastik, pohon – pohon yang terlalu rimbun dan genangan air sebagai tempat nyamuk berkembang biak,” ujarnya. (m/kb)

    Berita Terkait

    Back to top button