DenpasarPariwisata

Percepat Kontribusi Wisatawan, Dispar Bali Kolaborasi dengan Group Hotel Mariot Bali

DENPASAR, Kilasbali.com – Untuk menpercepat pelaksanaan program Kontribusi Wisatawan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali dengan gencar melaksanakan kerjasama dan kolaborasi. Saat ini Dispar Prov. Bali undang Group Hotel Mariot Bali dalam acara sosialisasi, yang dilaksanakan di ruang Bali Tourism Media Center, Kantor Dinas Pariwisata Prov. Bali, Selasa (14/2).

Dispar secara secara terus menerus mengundang pelaku industri pariwisata baik dari akomodasi, travel agent, Biro Perjalanan Wisata, Villa, daya tarik wisata, restoran, transportasi, guide dan sebagainya, agar mereka semua paham tentang kebijakan pemerintah Provinsi Bali ini, jelas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun.

Ditambahkan Tjok Bagus bahwa Kebijakan ini adalah perintah dari Perda No 1 tahun 2020 tentang Kontribusi Wisatawan, dan Pergub No 27 tahun 2020. Di mana kebijakan ini diharapkan mampu mencapai target yang diharapkan paling tidak 5 persen dari wisman yang datang bisa memberi kontribusi.

Tjok Bagus juga menyampaikan, kebijakan Gubernur Bali Wayan Koster ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pariwisata Bali yang mengusung tagline ‘pariwisata budaya yang berkualitas dan bermartabat.

Baca Juga:  Kekurangan Guru Masih Jadi Persoalan di Tabanan

“Bapak Gubernur Bali Wayan Koster bakal memberikan penghargaan bagi industri pariwisata pada Hari Jadi Provinsi Bali ke 65 tahun 2023. Pelaksanaan program kontribusi ini akan menjadi salah satu indikator pemberian penghargaan,” ungkapnya.

Dikatakan, kontribusi wisatawan ini sifatnya sukarela, tidak ada unsur pemaksaan. Wisatawan menyumbang langsung dengan cara men-scan QR code aplikasi Love Bali”yang sudah disediakan di fasilitas-fasilitas pariwisata yang ada di Bali.

Baik itu di hotel, restoran, hingga objek wisata yang ada di seluruh Bali, dan mereka tinggal memilih nominal yang akan disumbangkan.

Baca Juga:  Kampanye Terbuka Dijadwalkan H-21 Hari Tenang

Dikatakan, kebijakan ini tidak memberatkan pelaku maupun industri pariwisata. Cukup mendorong serta mengarahkan para wisatawan untuk berkontribusi.

“Kontribusi wisatawan ini sebagai upaya mengajak wisatawan untuk ikut andil dalam menjaga alam, budaya, dan lingkungan Bali hingga meningkatkan destinasi,” pungkasnya.

Sementara itu, General Manager The Stones Legian, Bali, Franklyn Yulius Kocek bersama Manager Aloft Hotels, Eric Gozal menyampaikan dukungan terhadap kebijakan ini.

Baca Juga:  Bawaslu Tabanan Sayangkan APK dari KPU Belum Terpasang

Menurutnya, kebijakan itu sesuai dengan tagline perusahaannya, yakni menjaga dan memelihara bumi.

“Kami Government Pillar Marriott sangat mendukung kebijakan ini untuk membangun Bali agar berkelanjutan ke depannya. Ini juga selaras dengan komitmen perusahaan kami, yakni sarving our world,” kata Franklyn.

Dia menambahkan, 24 hotel Mariot di Bali siap mendukung kebijakan ini. Pihaknya juga menegaskan, kebijakan itu tidak memberatkan bagi industri maupun wisatawan. Sepanjang kontribusi itu dikelola dengan baik dan transparan.

“Wisatawan sangat mendukung sekali program program lingkungan berkelanjutan. Tentu juga sebelumnya harus ada edukasi bagi wisman,” pungkasnya. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button