GianyarNews UpdatePeristiwa

Longsor Jalan Pakudui Tegallalang Gianyar Bali Makin Parah

    GIANYAR, Kilasbali.com – Bencana longsor masih menyambung lantaran guyuran hujan. Di Banjar Pakudui, Desa Kedisan, Tegallalang, Gianyar, Bali longsor yang menggerus badan jalan kian parah hingga nyaris memutus jalur. Masyarakat setempat tidak ada berani melintas, dan terpaksa memilih jalan alternatif lainnya.

    Dari keterangan yang diterima, longsor terparah hingga menggerus 2/3 badan jalan ini terjadi, Rabu (15/2) dini hari. Longsor sudah mengurus sebagian badan jalan beberapa pekan lalu. Belum sempat disikapi pemerintah, kini malah longsor semakin parah.

    “Jika tidak segera ditangani, kami khawatir jebolnya jalan ini akan semakin parah. Meski terbilang jalan kecil, namun menjadi akses ekonomi juga bagi kami di Banjar Pakudui,” ungkap Subrata, salah seorang warga.

    Baca Juga:  Kursi Kepala BPKAD Gianyar Kosong

    Secara terpisah, Kapolsek Tegallalang, AKP I Ketut Sudita membenarkan adanya longsor susulan yang terjadin di utara Banjar Pakudui. Kali ini diakuinya longsor mengakibatkan 2/3 badan jalan tergerus ke jurang.

    “Kami sudah turunkan anggota ke lokasi tadi pagi. Dan dipastikan tidak ada korban ataupun kerugian material yang diderita warga. Sejak longsoran pertama, memang tidak ada lagi pengguna jalan yang berani melintas. Untuk akses ke Desa Kedisan ataupun ke Desa Sebatu, warga memilih jalan lainnya,” ungkap Kapolsek berkumis ini.

    Atas musibah ini, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD yang penanganan lebih lanjut.  Terlebih, sebelumnya, sudah ada pengecekan dari dinas PUPR Gianyar ke lokasi. “Karena longsor kembali terjadi, kami koordinasikan kembali. Tentunya akan ditindaklanjuti segera,” harapnya.

    Baca Juga:  Diduga Putus Obat, ODGJ Ngamuk dan Kabur dari RS

    Sementara pantauan di lapangan, kondisi longsoran badan jalan ini sangat mengerikan. Karena badan jalan tergerus ke jurang yang kedalamannya hingga 70 meter.

    Lebar longsor mencapai 4 meter sepanjang 50 meter. Warga pun tidak ada yang berani mendekat karena kondisi tanah sangat labil serta rawan terjadi longsor susulan.

    Rabu siang, Bhabinkamtibmas Kedisan Aiptu I Dewa Gede Raka Arjana bersama Perbekel Kedisan dan Prajuru Dinas br Pakudui pun mendampingi Team dari dinas PUPR Gianyar mengecek lokasi. Sembari memasang rambu peringatan bagi pengguna baik pejalan kaki  hingga kendaraan bermotor. (ina/kb)

    Berita Terkait

    Back to top button