Denpasar

Isu Strategis Tanggulangi Sampah

    DENPASAR, Kilasbali.com – Isu strategis mengenai penanggulangan sampah menjadi salah satu agenda yang dibahas dalam Rapat Forum Perbekel/Lurah se-Kota Denpasar, Kamis (2/3). Rapat ini dihadiri langsung Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa.

    Selain Wawali Arya Wibawa,  hadir pula pada kegiatan yang diadakan di Kantor Desa Tegal Kertha itu, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana serta jajaran OPD terkait lainnya.

    Pada kesempatan itu, di hadapan para Perbekel / Lurah tersebut, Arya Wibawa mengatakan saat ini Kota Denpasar tengah memfokuskan diri pada permasalahan sampah, utamanya soal tata kelola penangannya.

    “Saat ini kita tengah berkonsentrasi pada permasalahan sampah yang ada di Kota Denpasar. Pada akhir Maret nanti, rencananya 3 TPST akan dapat dioperasikan. Untuk tata kelola penanganan sampah ini sendiri secara detail akan dibahas dalam waktu dekat,” ucap Arya Wibawa.

    Baca Juga:  Percepat Penurunan Stunting di Denpasar

    Dia juga mengharapkan, agar para Perbekel /Lurah tetap selalu berkoordinasi dengan pihak terkait dan segera mempersiapkan diri dengan skema penanganan sampah yang akan segera disusun.

    “Melalui rapat ini, saya mohon agar Perbekel dan Lurah agar selalu membangun komunikasi dan koordinasi baik dengan masyarakat maupun dengan OPD terkait, sehingga pelayanan kepada masyarakat dan penanganan suatu peristiwa dapat dilakukan lebih cepat dan lebih komprehensif,” harapnya.

    Selain persoalan sampah, agenda pertemuan tersebut juga membahas soal persiapan kamtibmas  menjelang Hari Raya Nyepi tahun Saka 1945 yang akan jatuh pada 22 Maret mendatang. Sekda Kota Denpasar, Alit Wiradana menghimbau agar kesiapsiagaan para Desa / Kelurahan di bawah naungan 4 kecamatan di Kota Denpasar ditingkatkan agar prosesi Catur Brata Penyepian dapat berlangsung kondusif, aman dan lancar.

    Baca Juga:  Mahendra Jaya Sebut Tida Ada Arahan untuk Membubarkan Kegiatan PWF di Bali

    “Hal ini dapat kita lakukan misalnya dengan pelibatan para Linmas di tingkat desa / kelurahan dan juga petugas Satpol PP di tingkat kecamatan agar bisa melakukan pemantauan terhadap lingkungan di wilayah masing masing, sehingga prosesi Catur Brata Penyepian nantinya dapat dilaksanakan dengan kondusif,” kata Alit Wiradana.

    Sementara itu, Ketua Forum Perbekel / Lurah Kota Denpasar, I Gede Wijaya Saputra menyatakan para Perbekel dan Lurah siap untuk melaksanakan arahan yang disampaikan oleh Wawali Arya Wibawa dan juga Sekda Alit Wiradana.

    “Forum ini dilaksanakan untuk menyatukan pikiran dalam menyelesaikan segala permasalahan yang ada. Kami berterimakasih atas arahan yang disampaikan oleh Bapak Wawali dan Bapak Sekda, dan akan kami jadikan masukan dalam menghadapi kendala yang sehingga diraih solusi yang bisa dipakai nanti,” ucap Gede Wijaya.

    Baca Juga:  Pemkot Denpasar Gencarkan Pencegahan Stunting

    Gede Wijaya menambahkan, tindak lanjut hasil rapat ini akan menjadi dasar guna memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan dilandasi semangat Vasudhaiva Kutumbakam. (m/kb)

    Back to top button