GianyarPemerintahanSosial

Bupati Gianyar Serahkan Rp 1,5 M untuk Restorasi Pura Dalem Blahbatuh

    GIANYAR, Kilasbali.com – Bupati Gianyar I Made Mahayastra menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 1,5 miliar untuk merestorasi Pura Dalem Desa Adat Blahbatuh, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Penyerahan bantuan dana tersebut dilakukan Kamis (2/3) di Pura Dalem Desa Adat setempat.

    Bupati Gianyar I Made Mahayastra mengatakan, restorasi pura sangat penting dilakukan untuk tetap menjaga keaslian warisan leluhur. Apalagi pura dalam desa adat Blahbatuh ini merupakan situs yang berusia ratusan tahun. Sehingga pihaknya bertepatan dengan upacara di Pura Dalem setempat menyerahkan bantuan sebesar Rp 1,5 miliar.

    Baca Juga:  Penyineban Karya IBTK Tahun 2024, Pj Gubernur Bali Nuek Bagia Pula Kerti

    Menurut Mahayastra, pentingnya menjaga warisan leluhur melalui restorasi ini. Mengingat di Blahbatuh tersebar pura yang usia ratusan tahun. “Saya kira ini (restorasi) tidak menghilangkan tapak tangan warisan leluhur kita yang mereka bangun dengan keringatnya dengan gotong royongnya dan dengan keyakinannya,” ujar Mahayastra.

    Lanjut Mahayastra, menyampaikan pesan kepada masyarakat, meski saat ini banyak kemajuan. Namun warisan leluhur harus tetap dijaga agar anak cucu kita bisa melihat hasil tapak tangan leluhurnya. Dengan hal itu akan timbul rasa kebanggaan akan budaya yang kita miliki.

    Baca Juga:  Sendratari Kolosal ‘Ki Barualis’ Meriahkan HUT Kota Gianyar

    “Walaupun kita ingin mendirikan sesuatu yang luar biasa di era kita. Mungkin bukan disini tempatnya. Masih ada tempat-tempat lain yang bisa kita gunakan untuk mencirikan diri kita juga bisa melakukan hal yang luar bisa,” tandas Mahayastra.

    Sementara, Bendesa adat Blahbatuh, I Wayan kantor, mengatakan awal perbaikan pura dengan pola restorasi sudah digagas sejak 2009 silam.  Berdasarkan masukan dari masyarakat dengan berbagai pertimbangan seperti letak bangunan pura rendah dan banyak ukiran yang masih utuh.

    Kemudian dilakukan paruman dengan melibatkan 25 orang arsitek dari warga desa adat Blahbatuh serta hasil paruman desa adat. “Kesimpulannya memperbaiki pura dengan pola restorasi,” ujarnya.

    Baca Juga:  Peletakan Batu Pertama Pembangunan GKPB Dalung, Giri Prasta: Berbagi dengan Semua Umat

    Namun perjalan restorasi pura menemui kendala. Karena dana yang dimiliii tidak mencukupi. Karena semangat masyarakat agar pura menjadi baik, pihak desa adat kemudian melakukan audiensi dengan Bupati Gianyar untuk bisa mengakomodir keinginan masyarakat tersebut. “Kami berterima kasih bupati Mahayastra telah memberikan bantuan sebesar Rp 1,5 miliar,” ungkapnya.   (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi