DenpasarSeni Budaya

Lomba Ogoh – ogoh Mini, Sketsa dan Tapel

    DENPASAR, Kilasbali.com – Sekretaris Daerah Kota Denpasar, I.B. Alit Wiradana menyaksikan sekaligus menyerahkan Piala Bergilir Walikota dalam lomba ogoh – ogoh mini, skesta, tapel ogoh – ogoh serta lomba fotografi yang digelar ST Dharma Yowana, Banjar Anggarkasih, Desa Sanur Kaja, Minggu (12/3).

    Hadir juga dalam kesempatan tersebut anggota DPD RI, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna, Anggota DPRD Provinsi Bali, A.A. Gede Agung Suyoga, Kepala BNN Kota Denpasar, I Ketut Adnyana Putera, Camat Denpasar Selatan, Made Sumarsana, Bendesa serta tokoh masyarakat setempat.

    Semarak Menuju pergantian Tahun Baru Saka 1945 atau menjelang Perayaan Nyepi sebanyak 40 peserta dari kalangan umum unjuk gigi, dalam lomba ogoh – ogoh mini, tapel, sketsa ogoh-ogoh serta lomba fotografi ST Dharma Yowana, Banjar Anggarkasih, Desa Sanur Kaja yang sudah berlangsung sejak minggu pagi, selain mengadakan lomba ogoh Ogoh mini juga menampilkan pementasan seni tari serta terdapat beberapa stand makanan dan minuman UKMK setempat.

    Baca Juga:  Kasanga Festival 2023 Jadi Magnet Wisman

    Ketua Sanggar Surya Krya Mahottama, Banjar Anggarkasih, Gus Win mengatakan, lomba ogoh-ogoh mini, sketsa ogoh-ogoh, tapel dan lomba fotografi ST Dharma Yowana ini diadakan untuk memberikan wadah serta menggali potensi generasi muda dalam bidang seni budaya,

    “Lomba ogoh-ogoh mini dan sketsa ogoh-ogoh ini dilaksanakan untuk memberikan wadah bagi pelaku seni dua dimensi dan tiga dimensi, untuk tetap bisa menuangkan serta memamerkan karya seninya kepada masyarakat luas,” ucap Gus Win.

    Begitu juga untuk lomba tapel ini, dilaksanakan mengingat banyaknya karya seni tapel yang tidak terpakai usai pelaksanaan ngerupuk, dan tapel ini juga merupakan bagian terpenting dari ogoh-ogoh, sehingga karya-karya yang bernilai seni dan ekonomis ini dapat dipamerkan kembali.

    Baca Juga:  Siaga Nyepi, Ini Perintah Kadiskes Bali

    “Kami berinisiatif untuk melaksanakan lomba ini. Sehingga masyarakat khususnya anak muda dalam menggali potensi positif dalam menuangkan segala kreasi serta ide ide yang dapat membangun potensi diri dalam bidang seni budaya,” kata Gus Win.

    Dalam perlombaan itu, mendapat perhatian khusus dari Sekda Kota Denpasar, I.B. Alit Wiradana, yang turut hadir menyaksikan lomba ogoh-ogoh mini, tapel ogoh – ogoh, sketsa ogoh-ogoh serta lomba fotografi ST Dharma Yowana, Banjar Anggarkasih, Desa Sanur Kaja, Denpasar Selatan.

    “Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan lomba ogoh-ogoh mini, sketsa, tapel ogoh-ogoh serta lomba fotografi ini. Semangat dari para generasi muda ini, tetap membara dalam berkreatifitas dan menjalankan budaya,” kata Alit Wiradana.

    Baca Juga:  Peran PKK Dampingi Keluarga Berisiko Stunting

    Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini sudah sejalan dengan visi dan misi Kota Denpasar yakni kota kreatif berwawasan budaya. Diharapkan, kedepannya para pemuda pemudi khususnya generasi muda di Kota Denpasar, dapat bersinergi dengan pemerintah, guna membangun Denpasar yang lebih maju dan berbudaya.

    “Saya berharap, kegiatan ini dapat memberikan efek yang positif bagi masyarakat dalam memajukan budaya di Kota Denpasar,” tutupnya. (mas/kb)

    Berita Terkait

    Back to top button