Denpasar

Fesyen Berbahan Kain Tenun Bali Hadir di Jepang

    DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali, Putri Suastini Koster mendapatkan kehormatan dari Duta Besar RI untuk Jepang menghadiri Peringatan 65 Tahun Hubungan Diplomatik antara Indonesia dengan Jepang, di Wisma Duta KBRI Tokyo, Jepang, Minggu (2/4).

    Kunjungan itu dimanfaatkan Gubernur Koster dan Ketua Dekranasda untuk mempromosikan produk fesyen berbahan tenun khas Bali melalui kegiatan parade/fesyen busana adat dan busana karya desainer Bali; pameran produk unggulan kerajinan; mengkampanyekan produk hasil pertanian, perkebunan, dan kelautan yang dirangkai dengan kegiatan promosi terpadu trade, tourism and investment, sekaligus menjadi penegas bahwa Bali sebagai tujuan destinasi wisata utama dunia juga memiliki produk UMKM/IKM yang sangat estetik, unik, dan berkualitas yang dikemas dengan nilai – nilai budaya dan kearifan lokal Bali yang sangat adiluhung.

    “Puji syukur ke Hyang Widhi Wasa, karena atas limpahan karunia-Nya, kita dapat berkumpul bersama di Wisma Duta, KBRI di Tokyo, dalam suasana penuh persahabatan, kedamaian, guna menyaksikan parade busana adat dan fesyen karya desainer Bali bereputasi. Mengiringi parade ini, juga disajikan pameran produk unggulan khas Bali,” kata Koster.

    Dia menuturkan, pascapandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi Bali berjuang membangkitkan dan menumbuhkan kembali fondasi Perekonomian Bali yang tertuang dalam konsep Ekonomi Kerthi Bali untuk mewujudkan Bali berdikari dalam bidang ekonomi. Dikatakan, Konsep Ekonomi Kerthi Bali dibangun dan dikembangkan berlandaskan nilai-nilai filosofi Sad Kerthi dengan memiliki enam sektor unggulan

    Baca Juga:  Tingkatkan Prestasi Pencak Silat, Bupati Sanjaya Resmikan Padepokan Perisai Diri Tabanan

    Yakni, sebut dia, pertanian dengan sistem pertanian organik; kelautan/perikanan; industri berbasis budaya branding Bali; IKM, UMKM, dan koperasi; ekonomi kreatif dan digital; serta pariwisata berbasis budaya, berkualitas, dan bermartabat.

    “Perjuangan untuk membangkitkan IKM dan UMKM, dilakukan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali yang dipimpin Ibu Putri Koster, secara konsisten memfasilitasi dan membimbing pelaku IKM/UMKM untuk tetap memilih dan memasarkan produk lokal Bali yang unggul, serta bagi Perajin agar teguh dan selalu semangat mencipta karya terbaik,” tuturnya.

    Gubernur Bali penghargaan dan terima kasih kepada Bapak Duta Besar RI untuk Jepang, atas undangan dan kehormatan kepada Pemerintah Provinsi Bali untuk menampilkan karya busana adat dan fesyen ciptaan desainer putra putri Bali. “Ajang ini Kami kemas khusus dalam tema “The Tales of Bali’s Wastra”, sebuah pesona otentik keadiluhungan wastra Bali, yang dirangkai dengan Promosi Terpadu Trade, Tourism and Investment, di Tokyo, Jepang,” ujarnya.

    Baca Juga:  Ini Penjelasan Pj Gubernur Tentang Ranperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2023 dan RPJPD Provinsi Bali

    Duta Besar RI untuk Jepang, Feri Akhmadi menyampaikan bahwa hal ini adalah momen yang sangat spesial, karena bertepatan dengan Peringatan 65 Tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang. “Kami mempersembahkan parade/fesyen busana adat dan busana karya Desainer Bali bertajuk “The Tales of Bali’s Wastra”, yang merupakan hasil kolaborasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo dan Pemerintah Provinsi Bali. Untuk itu, dalam kesempatan ini, kami menyampaikan apresiasi mendalam kepada Gubernur Bali, Bapak Wayan Koster dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Bali, Ny. Putri Suastini Koster serta delegasi yang sudah bekerja keras menyukseskan event ini,” ujarnya.

    Baca Juga:  Sukses Prabowo-Gibran, Gerindra Serius Rebut Tiket Perubahan Gianyar

    Dia menambahkan, Bali adalah tujuan wisata terfavorit bagi warga Jepang di Indonesia, sehingga, Kedubes RI di Tokyo terus berupaya mempromosikan Indonesia sebagai tujuan wisata utama bagi warga Jepang dan masyarakat dunia. “Jadi, selain bisa menonton langsung pertunjukan tradisional Bali, saya juga mengundang para hadirin semua untuk merasakan masakan Bali yang autentik, dan besok juga akan digelar Forum Bisnis bersama para Pengusaha Jepang,” ujarnya. (jus/kb)

     

    Back to top button