DenpasarSosial

Tekan DBD Melalui PSN

DENPASAR, Kilasbali.com – Tekan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) melalui kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), dilakukan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas IV Denpasar Selatan. Pada Kamis (13/4) pagi, PSN menyasar di 75 rumah warga yang ada di wilayahnya.

Para petugas yang terlibat antara lain terdiri dari Jumantik dan Pelaksana program DBD, yang dikomandoi Koordinator Jumantik setempat.

Kepala UPTD Puskesmas IV Densel, drg. Made Saraswati mengungkapkan, dari hasil penyusuran petugas di seputaran Jalan Pulau Bungin, lingkungan Banjar Pitik, Kelurahan Pedungan,  setidaknya ditemukan 1 rumah warga yang positif terdapat jentik nyamuk DBD.

Baca Juga:  Gubernur Koster Beberkan 44 Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru di ISI Denpasar

Usai mendapati jentik nyamuk di area rumah warga, para petugas selanjutnya menindaklanjuti dengan menaburkan bubuk Abate, seperti pada kolam ikan dan juga ember.

“Dari hasil pantauan, jentik nyamuk banyak tersebar di kolam dan juga ember. Jadi tadi para petugas langsung menindaklanjuti temuan ini,” jelasnya.

drg. Saraswati juga menambahkan, pada kesempatan itu para petugas juga melakukan penyuluhan untuk warga. Secara intensif, para warga disosialisasikan soal PSN dengan metode 3M.

Baca Juga:  OMG! Bule Bugil Ganggu Pementasan Tari Bali

“Kami menekankan sekali agar para warga sadar untuk menutup penampungan air, menimbun barang bekas, dan terpenting menggunakan lotion anti nyamuk,” lanjutnya.

Upaya penyusuran tempat tinggal warga guna mengecek jentik nyamuk ini, akan dilakukan secara konsisten, agar kasus DBD dapat dicegah.

Untuk itu, drg. Saras menekankan agar warga juga dapat proaktif untuk selalu rutin mengontrol lingkungan sekitarnya agar tindakan pencegahan dapat segera ditempuh. (jus/kb)

Berita Terkait

Back to top button