DenpasarPendidikanSosial

Peran Literasi Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

    DENPASAR, Kilasbali.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Denpasar, menggelar Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat BNN bertema “Peran Literasi Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba”, Senin (17/4).

    Diikuti oleh 30 Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Denpasar, kegiatan ini memfokuskan pada pembahasan program pencegahan penyalahgunaan narkoba melalui literasi di dunia pendidikan.

    Digelar di The Vasini Smart Boutique Hotel, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BNN Kota Denpasar, Kombes Pol.  I Ketut Adnyana Putera serta Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana. Hadir pula, Kabid P SMP Disdikpora Kota Denpasar, Anak Agung Astara.

    Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara yang dibacakan oleh Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani, disebutkan bahwa saat ini literasi dapat dimanfaatkan sebagai jalur untuk mengedukasi generasi muda, utamanya para siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Gandeng Bulog, Siapkan 32 Ton untuk Operasi Pasar

    “Budaya literasi, saat ini bisa dijadikan sebagai sebuah media yang baik untuk mengedukasi para siswa tentang bahaya penyalahgunaan penggunaan narkoba. Salah satu upaya edukasi literasi bisa melalui, pelaksanaan lomba pembuatan film pendek ataupun jenis even lainnya,” kata Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

    Pihak keluarga dan sekolah, lanjut Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, memiliki peranan penting dalam mendampingi dan mengarahkan para siswa untuk bisa terlibat dalam gerakan gerakan positif dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

    “Kita bisa memotivasi para siswa, seperti menjadi tutor penggerak rekan sebayanya agar dapat lebih memahami tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan tindakan pencegahannya, misalnya melalui kampanye lewat tulisan maupun bacaan yang dibuat oleh para siswa. Untuk itu, mari kita dukung literasi sebagai penyelamat dan pencerdas anak bangsa,” tambahnya.

    Baca Juga:  Muliartha Kembali Dikukuhkan Sebagai Ketua PWRI Bali 2024-2029

    Di lain sisi, Kepala BNN Kota Denpasar, Kombes Pol. I Ketut Adnyana Putera mengatakan, pihaknya terus berupaya menggandeng banyak elemen di masyarakat agar bisa selalu memerangi penyalahgunaan narkoba, terutama pada dunia generasi muda melalui Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

    “Secara masif kami terus berupaya menggaungkan P4GN sebagai program memerangi narkoba utamanya di instansi pendidikan. Hari ini BNN dan jajaran Kepala SMP se-Kota Denpasar, akan bersama sama membahas program apa saja yang bisa kita lakukan ke depannya,” ungkap Adnyana Putera.

    Program P4GN yang dicanangkan oleh BNN, imbuh Adnyana Putera memang diupayakan untuk mensosialisasikan serta mengedukasi para siswa tentang bahaya narkoba itu sendiri. Dalam hal ini, komitmen dari pihak sekolah sangat dibutuhkan dalam merealisasikan program tersebut. (m/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi