CeremonialDenpasar

Ikawangi Mudik Ke Banyuwangi

    DENPASAR, Kilasbali.com – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara melepas keberangkatan 450 orang warga Kota Denpasar, peserta program mudik gratis jelang Hari Raya Lebaran 1444 Hijriah, Rabu (19/4) pagi.

    Digelar di area parkir Timur Lapangan Niti Mandala Renon, program mudik ini, diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Dewata Bali dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

    Ratusan peserta mudik tersebut, akan bertolak ke beberapa daerah di Kabupaten Banyuwangi dan sekitarnya, dengan menggunakan 8 unit bus

    Sesaat setelah melepas keberangkatan para pemudik, Wali Kota Denpasar Jaya Negara, mengemukakan apresiasinya atas pelaksanaan program mudik gratis ini.

    Baca Juga:  Sukses Prabowo-Gibran, Gerindra Serius Rebut Tiket Perubahan Gianyar

    “Saya ucapkan terimakasih kepada Bupati Banyuwangi Ibu Ipuk Fiestiandani yang telah menyediakan fasilitas mudik gratis bagi warga Kota Denpasar asal Banyuwangi. Apalagi program mudik gratis ini juga didukung dengan pengawasan dan pengawalan mobil ambulance dan aparat keamanan. Astungkara semua selamat sampai tujuan,” ungkap Jaya Negara.

    Jaya Negara juga mengatakan, program mudik seperti ini tentu dapat mengurangi jumlah pemudik yang akan menggunakan sepeda motor, yang otomatis akan memberikan kelancaran serta mengurangi resiko di jalan raya.

    “Dalam kaitannya dengan program mudik ini, saya juga mengimbau agar para supir bus tetap memperhatikan dan fokus pada keselamatan selama berkendara di jalan raya,” tegas Jaya Negara.

    Baca Juga:  Panen Cabai hingga Ikan Nila di Buleleng, Mahendra Jaya Ungkap Ini

    Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi yang ikut mendampingi Walikota Jaya Negara, Choliqul Ridho menjelaskan, program mudik gratis diadakan untuk memfasilitasi masyarakat Banyuwangi yang ada di wilayah Bali agar dapat mewujudkan tradisi mudik ke kampung halaman saat Lebaran.

    “Mudah mudahan untuk tahun berikutnya, program mudik ini dapat mengakomodasi para anggota Ikawangi di wilayah lainnya,” kata Choliqul.

    Sementara itu, Ketua Ikawangi Dewata, Agustinus Winjaya menyebut, pelaksanaan program mudik gratis ini telah memasuki kali ketujuh.

    Baca Juga:  Duta Kota Denpasar Persembahkan ‘Ida Cokorda Mantuk Ring Rana’ di Pawai Pembukaan PKB

    “Hari ini kita juga memfasilitasi mengangkut 68 motor dengan dua unit truk. Tujuan mudik ini ke Banyuwangi Kota sampai terakhir nanti daerah Kalibaru. Selama perjalanan akan ada enam titik pemberhentian,” katanya

    Menurut dia, antusiasme warga untuk menggunakan layanan mudik gratis menuju ke Banyuwangi tahun ini sangat tinggi. Dalam dua hari saja, pendaftaran peserta program mudik gratis sudah harus ditutup karena kuota sudah terpenuhi. (m/kb)

    Back to top button