DenpasarTokoh

Etos Kerja Perempuan Bali Sangat Tinggi

    DENPASAR, Kilasbali.com – Etos kerja perempuan Bali sangat tinggi, hal itu bisa dilihat dari peranan mereka di keseharian, baik dalam ranah domestik, pekerjaan bahkan dalam bermasyarakat.

    Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Koster saat menjadi narasumber dalam talk show bertema ‘Meningkatkan Peran Ibu dalam Menjadikan Anak yang Suputra’, di Aula Sadhu Gocara Yayasan Dwijendra Denpasar, Kamis (20/4).

    Baca Juga:  Baliho Nata-Sunda Muncul di Publik, Kresna Budi: Tak Grasa Grusu!

    “Peranan Wanita begitu penting terutama dalam sistem mebraye (bermasyarakat di Bali, red) kita. Perempuan menjadi penentu sarana upakara bahkan melayani krama lanang (laki-laki, red) sekaligus,” ungkapnya.

    Terkait pendidikan anak-anak, Putri Koster mengatakan bahwa seorang ibu akan mendapatkan tantangan dalam mendidik anak-anaknya, terutama berada di era digital serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

    Namun seorang ibu dapat menguasai kesabarannya dengan kasih sayang, dan dengan kehadiran seorang ibu maka anak-anak akan mampu tumbuh dan berkembang di zamannya menjadi anak-anak yang suputra, cerdas, sehat lahir batin dan menjadi tauladan bagi lingkungannya.

    Baca Juga:  Menko Marves Sebut Kesuksesan WWF 2024 Berkat Jokowi

    “Perempuan jangan hanya berada nyaman di ranah publik yang menyebabkan anak-anak tidak akan terjaga dengan baik, sehingga anak-anak terancam untuk diserang oleh ancaman narkoba, radikalisme dan juga pergaulan bebas. Ibu yang baik dan cerdas akan mampu membagi waktu baik di ranah publik maupun domestik,” katanya.

    Dia menambahkan, para ibu juga diharapkan terus belajar dan melek teknologi, terutama di era perkembangan teknologi digital saat ini.

    Baca Juga:  Gerindra Gianyar Pantenkan Koalisi Pilpres Hadapi Pilkada

    “Anak-anak akan sangat mudah terjerumus dalam hal-hal yang tidak baik di era internet yang bebas dewasa ini. Untuk itu para ibu harus bisa juga menguasai teknologi untuk memproteksi anak-anak,” pungkasnya. (jus/kb)

    Back to top button