CeremonialDenpasar

Konsulat Jenderal Australia Gelar Peringatan “ANZAC Day 2023”

DENPASAR, Kilasbali.com – Menjelang fajar menyingsing, pihak Konsulat Jenderal Australia di Bali bersama perwakilan dari Pertahanan Australia dan Kedutaan Besar Selandia Baru di Jakarta, menyelenggarakan upacara peringatan Australia and New Zealand Army Corps (ANZAC) Day 2023 di halaman belakang kantor Konsulat-Jenderal Australia, Jalan Tantular 32, Renon, Denpasar, Selasa (25/4/2023) pagi, pukul 05.00 WITA.

Sudah menjadi tradisi tahunan, di mana tiap tanggal 25 April selalu diperingati sebagai ANZAC Day, salah satu hari nasional terpenting di Australia untuk menandai dan mengenang aksi militer besar pertama yang dilakukan oleh pasukan Australia dan Selandia Baru selama Perang Dunia Pertama.

Baca Juga:  Desa Tegal Harum Terbaik Nasional Keterbukaan Informasi Publik Desa

Sekaligus memperingati pengorbanan para prajurit Australia dan Selandia Baru yang merupakan bagian dari ekspedisi sekutu untuk merebut semenanjung Gallipoli pada tahun 1915. Meskipun kampanye Gallipoli gagal dalam tujuan militernya, tindakan para prajurit ANZAC selama kampanye tersebut meninggalkan warisan yang kuat bagi Australia dan Selandia Baru.

Selanjutnya, ANZAC Day berkembang menjadi hari bersejarah untuk menghormati dan mengenang para pria dan wanita Australia dan Selandia Baru yang telah mengabdikan diri dalam perang, konflik, dan operasi perdamaian. Daun Rosemary secara tradisional juga selalu dikenakan pada ANZAC Day sebagai tanda pengenang, karena tanaman ini dapat ditemukan tumbuh subur di Semenanjung Gallipoli.

Baca Juga:  Wawali Arya Wibawa Salurkan CSR Pertamina Patra Niaga FT Sanggaran

‘Kami menghormati nilai-nilai yang telah ditanamkan dalam ANZAC sejati – kesetiaan, tidak mementingkan diri sendiri, juga keberanian – dan cara generasi selanjutnya mengukur pencapaian para prajurit yang bertempur di Gallipoli,” kata Konsul-Jenderal Australia di Bali, Anthea Griffin.

Pada kesempatan itu, Konsul-Jenderal Australia Anthea Griffin, Counsellor dan Konsul di Kedutaan Besar Selandia Baru Kura Hakaraia, Atase Angkatan Udara Australia Kolonel Udara Ken Bowes, dan Wakil Konsul Inggris John Makin, meletakkan karangan bunga untuk mengenang pengorbanan para prajurit ANZAC.

Turut hadir, perwakilan dari komunitas veteran Australia yang memimpin pengibaran bendera. Upacara peringatan ANZAC Day di Konsulat Jenderal Australia tersebut juga dihadiri sejumlah perwakilan dari Pertahanan Australia, Pemerintah Provinsi Bali, Kota Denpasar, dan Kabupaten Badung, unsur TNI-Polri, serta sekitar 220 warga Australia dan Selandia Baru di Bali. (Kb/djo)

Back to top button