CeremonialDenpasar

Hadapi Tantangan Global

    DENPASAR, Kilasbali.com – Dunia sedang menghadapi tantangan global yang berpengaruh terhadap kebutuhan dan struktur kehidupan bangsa, termasuk Indonesia.

    Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) saat menghadiri Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan IX Tahun 2023 di Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Selasa (2/5).

    “Terutama dampak dari pandemi Covid-19 yang memaksa kita beradaptasi cepat dalam perubahan,” kata Cok Ace.

    Demikian pula halnya dengan  aparatur pemerintah, kata Cok Ace, dituntut untuk meningkatkan kapasitas, kualitas dan kompetensi, serta birokrasi dituntut untuk memperbaiki dan menyederhanakan proses bisnis pemerintahan, sehingga mampu menciptakan pelayanan publik yang semakin mudah, cepat dan murah, serta  lincah, lentur, fleksibel, dan tangguh dalam menghadapi situasi yang sangat dinamis.

    Baca Juga:  Bale Saka Enam di Kerambitan Kebakaran saat Pemiliknya Terlelap Tidur

    “Untuk itu saya berharap dengan penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan ini lahir sosok-sosok pemimpin strategis yang akan membawa perubahan berdampak kepada masyarakat,” ujarnya.

    Dalam kesempatan itu, Cok Ace juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Lembaga Administrasi Negara (LAN) karena telah memberikan rekomendasi kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali untuk menyelenggarakan PKN Tingkat II yang kedua kalinya.

    Sementara itu, Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Muhammad Taufiq yang juga hadir dalam acara ini menekankan pentingnya pendidikan dalam membangun sebuah bangsa.

    Baca Juga:  Viral Istri Diselingkuhi Malah Jadi Tersangka di Medsos, Begini Penjelasan Kapendam Udayana dan Kabid Humas Polda Bali

    Dikatakan, pendidikan juga menjadi penentu dalam pelayanan mengedepankan kemanusiaan. Dengan pelaksanaan pendidikan bagi aparatur adalah kunci dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan menjadi pemain besar dengan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang dimiliki.

    PKN Tingkat II Angkatan IX Tahun 2023 berlangsung dari tanggal 2 Mei – 8 September 2023 diikuti oleh 64 peserta pejabat pimpinan tinggi dari Provinsi Bali, Kabupaten/kota se-Bali serta dari Provinsi Sulawesi Tenggara, Jambi, dan Nusa Tenggara Timur. (m/kb)

     

    Back to top button

    Berita ini dilindungi