DenpasarEkonomi Bisnis

UTme! Local Bali Art

    DENPASAR, Kilasbali.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melalui Disperindag dan Dekranasda Kota Denpasar, menjajaki kerja sama dengan UNIQLO Indonesia di bawah naungan PT Fast Retailing Indonesia, melalui program “UTme! Local Bali Art”, yang akan memberi ruang bagi hasil karya Art Ilustrator lokal di Kota Denpasar.

    UTme! sendiri merupakan layanan kustomisasi t-shirt dan tote bag yang dapat dibuat oleh para pelanggan dengan menggabungkan foto, gambar, dan teks untuk membuat desain original masing-masing pada produk tersebut.

    Hal ini dibahas dalam pertemuan yang dihadiri Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara dengan Co-Chief Operating Officer (COO) PT Fast Retailing Indonesia, Yugo Shima, pada Jumat (12/5), di Gedung Sewaka Dharma Lumintang.

    Turut pula hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa bersama Kepala Disperindag Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari, dan juga Corporate Affairs Director PT. Fast Retailling Indonesia, Irma Yunita.

    Baca Juga:  Hendak Beli Gas Elpiji, Motor Warga Dauh Peken Hilang Dicuri

    Pada pertemuan tersebut disampaikan bahwa rencana program UTme! Local Bali Art, digagas untuk semakin memberikan kesempatan bagi para seniman lokal untuk mendapatkan ruang berekspresi.

    Program UTme! yang melibatkan seni dan budaya lokal, sebelumnya sudah diadakan di negara Filipina dan juga Vietnam. UNIQLO Indonesia pun berencana mengembangkan program ini di Indonesia, dan Bali terutama Kota Denpasar nantinya akan diinisiasi menjadi wilayah pertama untuk program ini.

    Pemilihan Bali bukan tanpa alasan. UNIQLO Indonesia menilai, seni, budaya serta adat istiadat Bali merupakan hal ikonik yang selama ini telah dikenal global oleh masyarakat dunia. Hal hal tersebut, jika dituangkan dalam karya ilustrasi tentu akan memiliki keunikan tersendiri.

    Baca Juga:  PLN Gandeng Lima Mitra, Makin Banyak Pebisnis Bangun SPKLU, Ekosistem Kendaraan Listrik Kian Kokoh

    Di lain sisi, Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara menyatakan apresiasi atas rencana program kerja sama ini. Melalui pelibatan para ilustrator lokal di Kota Denpasar, dia mengharapkan hal ini akan menjadi ruang pengembangan kreatifitas seni dan budaya.

    “Kami di Dekranasda Kota Denpasar akan mendukung Program UTme! dari UNIQLO Indonesia ini. Ini adalah kesempatan bagus bagi para ilustrator lokal di Kota Denpasar untuk dapat menampilkan hasil karya mereka. Dan tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri, karena hasil karyanya nanti akan banyak dikenal secara luas,” ujar Ny. Antari Jaya Negara.

    Dalam eksekusi program UTme! Local Bali Art ini, Kepala Disperindag Kota Denpasar, Sri Utari mengatakan, pihaknya yang berkolaborasi dengan Dekranasda, akan segera menentukan langkah selanjutnya untuk segera dapat merealisasi program ini.

    Baca Juga:  Tourism Levy, Pemprov Bali Evaluasi Pungutan Wisatawan Asing

    “Nanti kita akan tentukan dulu langkah untuk penetapan tema, seleksi dan juga proses kurasi karya. Harapannya, akan muncul karya terbaik dari para ilustrator berbakat di Kota Denpasar,” jelas Sri Utari.

    Selain program UTme, dalam kesempatan itu juga dibahas soal bentuk kerja sama dan kolaborasi lainnya. Antara lain, soal program pengembangan dalam bentuk pelatihan dan peningkatan Sumber Daya Pelaku Usaha dalam Pemasaran produk yang akan diberikan bagi para pelaku UMKM Kota Denpasar. (m/kb)

    Back to top button