SosialTabananTokoh

Pakis Bali ‘Tresna lan Punia’

    TABANAN, Kilasbali.com – Manggala Utama Pakis Provinsi Bali, Putri Suastini Koster menggelar kegiatan sosial ‘Tresna lan Punia’ di Gedung I Ketut Maria, Tabanan, Jumat (12/5).

    Tresna lan Punia diisi dengan pemberian bantuan berupa 20 Kg beras, 1 krat telur, 8 kotak susu balita dan 2 kotak susu untuk susu lansia, 2 kotak susu untuk ibu hamil, dan 2 kotak susu untuk difabel.

    Baca Juga:  UNESCO Tetapkan Subak Bengkel Sebagai Demo Site Ecohydrology

    Bantuan ini diserahkan kepada 150 penerima yang masuk kategori, yakni lansia, ibu hamil, difabel, krama istri dan yowana serta pecalang.

    Selain bantuan berupa kebutuhan pokok, juga diserahkan bibit cabai sebanyak 300, bibit terong sebanyak 200, 50 bibit pohon mangga, 35 bibit pohon kelapa dan 15 bibit pohon alpokat.

    Putri Koster berpesan agar seluruh anggota Pakis memahami dan menguasai tentang pengetahuan apa saja yang harus dilakukan di tengah masyarakat, salah satunya menjaga kelestarian budaya Bali. Dalam hal ini salah satunya adalah budaya Bali di bidang tari-tarian.

    Baca Juga:  Disbud Klaim Persiapan PKB 2024 Sudah 90 Persen

    Diam meminta anggota Pakis memiliki pengetahuan dan pemahaman untuk mampu memimpin dan mensosialisasikan terkait pelestarian budaya dan adat istiadat.

    “Jangan sampai budaya yang sedari dulu disusun rapi, diciptakan dan sudah dijaga dengan baik, saat ini menjadi campur aduk,” ujarnya.

    Misalnya, lanjut dia, tari rejang yang dulu diciptakan sebagai tari sakral yang dipercayakan menjadi prosesi tarian menyambut turunnya para dewa, saat ini semakin banyak tari rejang yang diciptakan dengan nama yang beraneka ragam dan dipentaskan ditempat yang terkadang tidak sesuai. (m/kb)

    Back to top button