DenpasarOlahraga

Buka Forda, Cok Ace Dukung FORMI Bali

    DENPASAR, Kilasbali.com – Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Ardhana Sukawati (Cok Ace) mendukung pengembangan olahraga rekreasi yang dilaksanakan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Bali.

    Dukungan itu disampaikan Cok Ace saat membuka Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) Bali I Tahun 2023 di Istana Taman Jepun, Tanjung Bungkak Denpasar, Jumat (19/5).

    Cok Ace bangga dengan antusiasme yang ditunjukkan masyarakat yang tergabung dalam wadah FORMI dalam mengikuti kegiatan ini.

    Menurutnya, semangat ini layak mendapat apresiasi karena masyarakat melaksanakan kegiatan olahraga atas panggilan hati nurani dan dengan biaya sendiri.

    Baca Juga:  JNE dan KONI Teken MoU Suksekan PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh

    “Hal ini tentunya akan memberikan manfaat positif bagi kesehatan fisik dan mental,” ujarnya.

    Ia berharap, semangat warga dalam melaksanakan aktivitas olahraga terus dipupuk sehingga terwujud masyarakat Bali yang sehat.

    Cok Ace juga menyinggung kewajiban pemerintah dalam mendukung peran aktif yang ditunjukkan masyarakat.

    “Ini patut kita dukung, baik secara moral maupun pendanaan. Ke depannya, saya minta agar diupayakan memperoleh alokasi anggaran,” urainya.

    Terlebih, kegiatan ini memiliki peran strategis yang berkaitan dengan efisiensi alokasi bidang kesehatan. “Kalau masyarakat sehat, otomatis beban dana yang dikeluarkan BPJS akan bisa ditekan,” ucapnya.

    Ketua FORMI Bali Anak Agung Ngurah Ratmadi menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wagub Cok Ace.

    Baca Juga:  Terima Silaturahmi Pencak Silat Kertha Wisesa, Giri Prasta Ungkap Historis Ini

    Menurutnya, kehadiran Cok Ace adalah wujud perhatian pemerintah terhadap keberadaan FORMI Bali. Ia berharap, masyarakat penekun olahraga rekreasi tetap semangat. “Ini bukan untuk orang lain, tapi bermanfaat untuk diri sendiri. Karena kita jadi sehat,” ucapnya.

    Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Forda Teguh Heru Susanto dalam laporan menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk membudayakan dan melestarikan jenis olahraga rekreasi.

    Baca Juga:  Jelang Idul Adha, Kuota Sapi Keluar Bali Dibatasi

    Forda melibatkan 15 Induk Olahraga yang dibagi dalam tiga cabang yaitu kreasi budaya, sehat bugar serta petualangan tantangan.

    “Sebenarnya FORMI Bali sudah memiliki 30 induk olahraga, tapi baru 15 yang memenuhi syarat untuk mengikuti Forda,” imbuhnya.

    Selain sebagai media untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan, Forda juga menjadi media seleksi atlet yang akan dikirim ke Fornas ke-7 di Jawa Barat. (m/kb)

     

    Back to top button