Seni BudayaTabanan

Ini Dia Gong Kebyar Duta Kabupaten Tabanan

    TABANAN, Kilasbali.com – Sambut Perayaan Pesta Keseian Bali XLV tahun 2023 yang akan dimulai pada bulan Juni mendatang. Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya berikan perhatian langsung terhadap Pembinaan Gong Kebyar Duta Kabupaten Tabanan dengan menghadiri pembinaan yang berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Senin (29/5).

     

    Dalam pembinaan tersebut juga turut dihadiri oleh Sekda, Asisten 2, Para OPD Terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat Penebel, Tim Pembina Gong Kebyar Provinsi Bali, serta Para Seniman Tari dan Tabuh Gong Kebyar. Pesta Kesenian Bali XLV tahun 2023, mengangkat tema Segara Kerthi; Prabhaneka Sandhi (Samudra Cipta Peradaban) yang mengaktualisasikan nilai-nilai filosofi laut, kearifan lokal Bali tentang pemuliaan laut yang diimplementasikan dalam pusparagam kesenian tradisi, klasik dan seni Rakyat Bali.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Kesulitan Cari Investor Untuk Kelola DTW Bedugul

     

    Filosofi dari tema yang diangkat tesebut, diharapkan mampu menjadi ilham bagi substansi materi kesenian yang akan ditampilkan pada event Pesta Kesenian Bali, sehingga makna kesenian yang tampil dapat selaras dengan makna tema yang dicanangkan.

     

    Bupati Sanjaya, di kesemptan itu memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas berbagai upaya dan inovasi yang telah dilakukan untuk melaksanakan pesta kesenian Bali yang lebih baik, dinamis dan memiliki nilai tersendiri.

    Baca Juga:  Polsek Kerambitan Sosialisasi Dampak Buruk Judol ke Sekolah-sekolah

    “Kita menyadari, masyarakat manapun di dunia ini tidak akan pernah maju tanpa budaya, karena itu, sekali lagi saya katakana baik secara pribadi maupun pemerintah Kabupaten Tabanan tetap berkomitmen untuk mendukung pelestarian budaya ini,” katanya siang itu.

     

    Disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan I Made Yudiana saat itu, pelaksaan PKB kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, khususnya untuk parade gong kebyar yang akan ditampilkan bersamaan, antara gong kebyar anak-anak, gong kebyar Wanita dan gong kebyar dewasa.

     

    “Dari tiga gong kebyar tersebut, diwajibkan membuat garapan kolaborasi. Oleh karenanya, para komposer dan koreografer dituntut untuk bisa dan cermat, dalam memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh provinsi, maka pada hari ini kami laporkan akan dilaksanaan pembinaan dan arahan dari tim pembinan Provinsi Bali,” ujar Yudiana saat itu.

    Baca Juga:  Ini Dia Lima Seniman Terima Penghargaan Adi Sewaka Nugraha 2024

     

    Para pelaksanaan PKB ke XLV mendatang, Gong Kebyar yang akan disiapkan dari Tabanan yang pertama yakni Gong Kebyar Dewasa dari Sekaa Gong Giri Kusuma Desa Senganan Penebel.

    Yang kedua dari Gong Kebyar Wanita yaitu Sekaa Gong Manik Kencana Putri dari Desa Marga Dauh Puri, Marga. Serta Gong Kebyar anak-anak dari Sanggar Seni Natya Praja Desa Bajra, Selemadeg. (m/kb)

    Back to top button