Seni BudayaSosialTabananTokoh

Membangun Tabanan Secara Niskala

    TABANAN, Kilasbali.com – Membangun Tabanan secara menyeluruh secara sekala niskala melalui sinergi pemerintah bersama masyarakat merupakan salah satu komitmen dari Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, yang terus dilakukan secara berkelanjutan.

    Sejak menjabat, bahkan selama menjadi Wakil Bupati, Orang nomor satu di Tabanan memiliki kebiasaan turun ke tengah-tengah masyarakat untuk memberi dukungan terhadap pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat.

    Seperti halnya kali ini, pada Senin, (29/5), Bupati Tabanan menghadiri undangan kegiatan Yadnya yang dilaksanakan masyarakat di Tiga Kecamatan, yakni Nyaksi Upacara Mlaspas, Pasupati dan Ngeratep Sesuhunan Ratu Ayu di Pura Dalem Banjar Adat Kebon, Desa Bajera Utara, Selemadeg,

    Nyaksi Yadnya Ngusaba Nini di Pura Subak Aya Uma Manis, Desa Biaung, Penebel, serta Nyaksi Pujawali Ageng di Pura Batur Kawitan Pasemetonan Agung Nararya Dalem Benculuk Tegeh Kori, Desa Bongan, Tabanan.

     

    Dalam setiap kesempatan turun ke masyarakat, Bupati Sanjaya tidak pernah luput mengajak pihak legislatif dan jajaran OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan. Hal itu dilakukan dengan tujuan agar pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih maksimal.

    Baca Juga:  Revitalisasi Pasar Gadarata Tabanan Molor

    Setiap permasalahan yang ada di Desa langsung bisa dilihat, dicatat oleh OPD terkait, sehingga akan mudah ditangani dengan mencarikan solusi yang tepat sesuai permasalahan, dengan harapan bisa dengan cepat direalisasikan di masyarakat.

     

    Uniknya, pada kesempatan menghadiri Yadnya di Bajera Utara, Selemadeg, Wakil Gubernur Cok Ace bersama Perbekel, Bendesa Adat dan juga masyarakat setempat menyambut kehadiran Bupati Sanjaya.

    Hadir pula anggota DPRD Bali I Ketut Suryadi, beberapa anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Asisten II, Kepala OPD terkait, Camat dan unsur Forkopimcam Selemadeg. Begitu juga dengan di Penebel dan Tabanan, Bupati Sanjaya juga didampingi oleh Tjokorda Anglurah Tabanan, salah satu anggota DPRD Tabanan, Asisten II, serta Kepala OPD terkait, Camat dan unsur Forkopimcam setempat yang disambut sangat antusias oleh masyarakat.

     

    Sanjaya juga mengatakan, kehadirannya beserta pihak legislatif dan jajaran terkait juga merupakan bentuk sradha bhakti kehadapan Ida Sesuhunan yang berstana di Pura setempat serta kepada masyarakat.

    Ucap syukur disampaikannya tatkala bisa berada di tengah-tengah pembangunan yang dilakukan masyarakat. “Dengan turun ke masyarakat, banyak masukan yang saya dapat dari masyarakat. Kalau saya tidak turun, saya tidak tahu menahu tentang kondisi di masyarakat,” pungkas Sanjaya.

    Baca Juga:  Koster Sebut Komunikasi dengan De Gadjah Masih Lanjut

    Seperti halnya saat Nyaksi Yadnya di Biaung Penebel, Bupati Sanjaya sempat berkoordinasi dan mendapat berbagai masukan dari masyarakat, seperti pembangunan infrastruktur jalan, dan lainnya. Hal ini selalu diperlihatkan Sanjaya setiap turun ke masyarakat guna mempercepat terwujudnya Tabanan Era Baru tyang Aman, Unggul dan Madani, (AUM).

    “Saya merasa sangat berbahagia bisa hadir di tengah-tengah masyarakat, dikala melaksanakan Yadnya Ngusaba Nini di Pura Subak Aya Uma Manis, Desa Biaung,” imbuh Sanjaya saat itu.

     

    Selaku Pemerintah, Bupati Sanjaya memberikan apresiasi terhadap pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat di tiga Desa tersebut dan berharap Yadnya ini berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

    Baca Juga:  Seni Budaya Ukraina Pentas di  Pesta Kesenian Bali  XLVI

    Begitu juga Bupati sangat berharap agar persatuan dan semangat gotong-royong yang ditunjukkan masyarakat dalam membangun Yadnya bisa terus dipertahankan kedepannya guna bersama-sama membangun Tabanan yang lebih baik lagi.

    “Mari bersama-sama kompak, ajegan bumi Tabanan yang adiluhung yang telah diwariskan oleh leluhur terdahulu,” ucap Sanjaya.

     

    Terkait kehadiran Bupati beserta jajaran dalam kegiatan tersebut, masyarakat di tiga lokasi yang diwakili Ketua Panitia Yadnya masing-masing menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bupati beserta jajaran. Seperti yang dikatakan oleh I Wayan Sumadana selaku Panitia Yadnya di Desa Bajera Utara, menyatakan sangat berterimakasih atas dukungan pemerintah dalam pembangunan di wilayahnya.

    “Masih banyak program titiang sebagai pengurus, seperti pembangunan balai gong, pewaregan, ini masih dalam proses dan kami menunggu arahan Bupati Tabanan untuk pekembangan kedepan. Semoga dapat dibantu, sehingga lengkap pembangunan di Pahrayangan Dalem Desa Adat Kebon,” harapnya. (m/kb)

    Back to top button