DenpasarNews Update

Bali Memiliki Potensi Kelautan yang Sangat Besar

    DENPASAR, Kilasbali.com – Bali memiliki potensi kelautan yang sangat besar. Hanya saja, selama puluhan tahun pengelolaannya masih fokus pada perspektif pariwisata.

    Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra saat membuka seminar nasional Kebertahanan Bali Segara (KBS) bertema ‘Trisakti Bung Karno untuk Kebertahanan Pangider Bali’ di Gedung Ksirarnawa, UPTD. Taman Budaya Provinsi Bali, Denpasar, Selasa (6/6).

    Baca Juga:  Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali 2024

    “Padahal, laut masih menyimpan potensi sangat besar yang bisa digali dan dikelola untuk mendongkrak perekonomian Daerah Bali,” ujarnya.

    Menyikapi hal tersebut, Sekda Dewa Indra menginformasikan bahwa Gubernur Bali telah menggagas sebuah transformasi yang disebut Ekonomi Kerthi Bali.

    Melalui gerakan ini, ekonomi Bali diharapkan bisa bertransformasi dan tidak berputar-putar hanya pada potensi pariwisata.

    Baca Juga:  Seniman Gender Anak-anak Beraksi Memikat Hati

    Ia berharap, seminar ini mampu menambah wawasan dan perspektif para peserta  sehingga kedepannya dapat memberi perhatian yang lebih serius terhadap potensi maritim.

    Suasana seminar nasional Kebertahanan Bali Segara (KBS) bertema ‘Trisakti Bung Karno untuk Kebertahanan Pangider Bali’ di Gedung Ksirarnawa, UPTD. Taman Budaya Provinsi Bali, Denpasar, Selasa (6/6). Foto/m

    Untuk diketahui, seminar yang merupakan rangkaian kegiatan Bulan Bung Karno V Tahun 2023 ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Pakar Kelautan dan Perikanan Dr. Ir. I Ketut Sudiarta, M.Si, Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Permana Yudiarso dan Penyarikan Agung MDA Bali I Ketut Sumarta.

    Baca Juga:  Liburan Idul Adha, Polres Gianyar Perketat Pengamanan Obyek Wisata

    Secara offline, seminar melibatkan BEM Perguruan Tinggi se-Bali, perwakilan media, organisasi kemasyarakatan, pimpinan OPD Pemprov Bali serta Kesbangpol Kabupaten/Kota. Seminar juga dilaksanakan secara online dan diikuti ASN Pemprov Bali. (m/kb)

     

    Back to top button