PemerintahanTabanan

HKN Momen Penting Evaluasi Kinerja ASN

TABANAN, Kilasbali.com – Sebagai salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan sebagai Aparatur Negara, Pemkab Tabanan melaksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN). Upacara yang diikuti oleh ribuan ASN di lingkungan Pemkab Tabanan ini dilangsungkan di halaman depan Kantor Bupati Tabanan, Senin (19/6).

Kegiatan ini dilaksakan secara rutin oleh Pemkab Tabanan, yang kali ini dipimpin oleh Bupati Tabanan diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, A.A. Dalem Trisna Ngurah. Turut hadir saat itu, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan dan jajaran, Direktur RSUD Tabanan, Direktur RS Singasana, serta undangan terkait lainnya yang sangat antusias mengikuti kegiatan.

Bupati Tabanan dalam sambutannya yang dibaca Asisten Perekonomian dan Pembangunan, mengatakan, bahwa Hari Kesadaran Nasional ini merupakan momentum yang sangat penting untuk dijadikan ajang untuk bersilaturahmi, melaksanakan evaluasi bersama terhadap komitmen, kinerja dan disiplin ASN. Sekaligus, menginformasikan berbagai kebijakan Pemda dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan serta pelayanan publik.

Baca Juga:  Ini Tiga Objek Wisata Favorit di Tabanan Bali

Melalui kesempatan ini, diharapkan semua ASN memiliki kesadaran untuk melayani masyarakat dan dapat mengelola berbagai dinamika sosial yang ada di tengah-tengah kehidupan masyarakat secara arif dan bijaksana. Begitu juga, sangat diharapkan mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas, sehingga good government dan clean government dapat terwujud di lingkungan Pemkab Tabanan.

Dikesempatan itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan juga menyampaikan beberapa hal penting, apalagi Bulan Juni ini Pemkab menyelenggarakan peringatan Bulan Bung Karno. “Kita wajib selalu mengingat apa yang disampaikan Bung Karno di sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945 yang mengatakan gotong-royong adalah banting tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu membantu bersama, amal buat kepentingan semua, keringat semua, buat kebahagiaan semua,” ujarnya.

Hal itulah yang dikatakan menjadi syarat utama maju menjadi pemenang, yaitu gotong-royong. Ia juga menyampaikan terimakasih karena berkat kerja keras seluruh jajaran, penghargaan Satyalancana Wira Karya berhasil diraih oleh Bupati Tabanan, karena dipandang telah berperan aktif dalam bidang pertanian melalui program “Mangun Tani Ngardi Kertaning Jagat”, dengan menerapkan kegiatan Bungan Desa (Bupati Ngantor di Desa) sebagai cara untuk memberikan solusi cepat atas permasalahan pertanian dan membangun kolaborasi bersama.

Baca Juga:  ASN Pemkab Tabanan Kompak Hadiri Upacara HKN

Dalam kesempatan itu, Pemkab Tabanan juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pegawai yang purna tugas atas dedikasi dan pengabdiannya, juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada ASN berkinerja terbaik bulan Juni 2023 ini. Selain apresiasi, terdapat pula penjatuhan hukuman disiplin berupa pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan diri sendiri sebagai PNS kepada salah satu ASN di lingkungan Pemkab Tabanan. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button