Tabanan

Ini Sinergitas PKK Tabanan dan Bali

    TABANAN, Kilasbali.com – Sesuai komitmen yang selalu dibuktikannya, Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya kembali mensinergikan langkah dengan program PKK Provinsi dengan hadir dan berkontribusi dalam program Pasar Rakyat tahun 2023, bertemakan “Berbelanja dan Berbagi” yang kali ini digelar di Lapangan Tanah Aron Amlapura, Karangasem, Jumat (30/6).

    Dipimpin oleh pemrakarsa program,  Putri Suastini Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali, kehadirannya saat itu disambut langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem dan Bupati Karangasem dan nampak hadir Kepala Dinas PMD Provinsi Bali, Seluruh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota Se-Bali beserta seluruh pengurus dan juga para kepala OPD terkait.

     

    Kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan ini merupakan bentuk sinergitas antara TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK Kabupaten/Kota Se-Bali. Di mana, melalui kegiatan ini, ketua TP PKK Provinsi mengajak seluruh Ketua TP PKK kabupaten/kota untuk bergotong royong melaksanakan aksi sosial dan kegiatan yang sesuai dengan program PKK dan tentunya dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat.

     

    Baca Juga:  Kurang Hati-hati Saat Menyalip, Vario Seruduk Tronton

    Pemberian bantuan hari itu ditargetkan bagi 100 penerima manfaat dari 8 Kecamatan di Kabupaten Karangasem. Sebanyak 200 paket bantuan dari TP PKK Provinsi dan 10 tas paket belanja dari masing-masing TP PKK Kabupaten/Kota Se-Bali, berupa beras, telur, minyak dan kebutuhan pokok lainnya, diberikan secara simbolis bagi para penerima bantuan yang hadir saat itu. Kabupaten Karangasem juga mengajak serta para pelaku UMKM dan IKM dalam pasar rakyat yang menjual hasil bumi, seperti hasil pertanian, peternakan, perkebunan dan kelautan seperti ikan, telur, sayur, bumbu-bumbu dan buah-buahan. Di samping itu juga dijual produk hasil olahan UMKM UP2K PKK seperti minyak, gula merah dan camilan.

     

    Bunda Putri Koster dikesempatan itu, memberikan apresiasi tak hanya kepada Kabupaten Karangasem selaku tuan rumah, juga kepada seluruh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota yang hadir saat itu. Atas kekompakan dan kerjasamanya dalam melangsungkan program kreatif dan inovatif yang memberikan manfaat tak hanya kepada masyarakat sebagai penerima bantuan, namun juga bagi ibu-ibu PKK yang berkumpul saat itu. Momen ini diharapkannya, dapat dimanfaatkan sebagai bentuk silaturahmi dan kesempatan untuk salng berbagi pengalaman.

    Baca Juga:  Bupati Tabanan Tanam Cabai bersama KWT Dukuh Mesari Bongan

     

    “Manfaat lain, adalah kita dapat melaksanakan program-program unggulan PKK, baik melalui sosialisasi atau penyebaran langsung, misal, hal kecil walaupun tidak panjang waktunya seperti hari ini, dapat membangkitkan semangat para pengusaha, UKM ataupun IMKM dengan cara mempertemukan dengan konsumen atau pembelinya” pungkas Bunda Koster.

     

    Baginya, sesuatu yang dilakukan dengan konsisten dan berkelanjutan, akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Seperti tak hentinya pihaknya bersosialisasi terkait masalah sampah dan pemberdayaan sampah daur ulang serta pelestarian kain songket Bali sebagai bagian dari kekayaan intelektual di Bali. Bahkan, Bunda Koster juga menanggapi terkait isu penyebaran virus rabies yang sedang merebak di Bali. Dengan sosialisasi secara tatap muka ini, diharapkannya agar masyarakat bisa paham dan mengingat dengan baik sekaligus dapat mengimplementasikan manfaat program PKK di dalam kehidupan sehari-hari.

    Baca Juga:  Bupati Sanjaya Hadiri Ngaben Bersama di Desa Tista dan Marga

     

    Selaras dengan berjalannya program Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan juga berharap, agar bantuan yang diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Karangasem, dapat dirasakan secara nyata. Dan juga sosialisasi yang menyasar langsung ini bisa segera diterapkan di masing-masing daerah.

     

    “Kami berkomitmen untuk datang ke setiap Kabupaten, mengikuti program yang digelar di masing-masing Kabupaten, ini sebagai salah satu wujud kontribusi dan sinergitas kami sebagai TP PKK Kabupaten kepada program-program provinsi. Di samping itu juga kita bisa saling bersilaturahmi, saling mengenalkan keunggulan produk daerah masing-masing dan yang terpenting bisa saling berbagi. Untuk kesejahteraan masyarakat Bali, kami siap berkomitmen dan membantu” tegas Bunda Rai Wahyuni siang itu penuh semangat.(m/kb)

    Back to top button