TabananTokoh

Wahyuni Sanjaya Launching Pojok IKM Dekranasda Kecamatan Marga

    TABANAN, Kilasbali.com – Di sela-sela aksi sosial berbagi dengan masyarakat di Kecamatan Marga, Selasa, (11/7), Ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, didampingi Kadis Disperindag beserta pengurus TP PKK Tabanan, mengapresiasi pihak Camat Marga yang melaunching Pojok Dekranasda di Kantor setempat.

    Hal ini sangat diyakini akan mampu mendorong pertumbuhan dan pengembangan IKM, serta membantu meningkatkan kualitas produk dan proses produksi IKM di Kabupaten Tabanan.

     

    Disamping itu pula, Pojok IKM dikatakan Bunda Rai sangat bertujuan untuk meningkatkan daya saing IKM dalam pasar yang semakin kompetitif. Hal ini dikatakannya dapat dicapai melalui pengenalan inovasi baru, pengembangan strategi pemasaran yang efektif, akses ke jaringan bisnis dan memberikan peluang pasar yang lebih luas. Sehingga, mampu mendorong kewirausahaan dan menciptakan lapangan pekerjaan dengan memberikan dukungan yang tepat pada pelaku IKM.

     

    Baca Juga:  Indonesia Cetak Berbagai Rekor di WWF ke-10

    “Saya mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Bapak Plt. Camat Marga dan pihak terkait lainnya, karena dari Marga sudah mulai menampilkan Pojok IKM Dekranasda yang titiang gagas di Kantor Bupati sudah mulai menular di Kecamatan-Kecamatan. Sekali lagi tepuk tangan niki titiang sangat apresiasi. Mudah-mudahan kecamatan lain bisa meniru, sehingga kita bisa membantu para IKM/UMKM kita secara menyeluruh mulai dari Kecamatan,” ujar Bunda Rai yang juga selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan.

    Baca Juga:  Gruduk Kantoran, Tim DLH Temukan Sampah 'Satu Lobang Rame-rame'

     

    Agar Pojok IKM Dekranasda ini terus berkembang dan mampu mewujudkan keinginan sesuai tujuan, Bunda Rai juga berharap kepada seluruh Perbekel agar melaksanakan inovasi yang serupa di kantor masing-masing. Mengingat salah satu tantangan IKM adalah akses yang terbatas terkait pemasaran serta dalam rantai pasokan, sehingga dengan Pojok IKM ini dapat membantu hambatan tersebut dengan menyiapkan ruangan terbuka untuk memamerkan serta memperkenalkan produk untuk IKM memperluas jangkauan produk mereka.

     

    “Perbekel di Desa diharapkan juga mungkin dari Bapak Kades yang hadir disini, barangkali di kantor Desa masing-masing memberi ruang kepada IKM/UMKM kita agar mereka bisa memamerkan, mempromosikan sekaligus mengenalkan produk-produk mereka kepada pembeli maupun kepada distributor potensial, sehingga bisa memfasilitasi mereka berkolaborasi dengan mitra bisnis. Disamping itu, lebih memperkuat kolaborasi dengan kegiatan seperti pertemuan, pelatihan, seminar dan lainnya antar pihak-pihak terkait,” imbuh Bunda Rai.

     

    Baca Juga:  BIN, TNI/Polri, dan BNPT Sukses Jaga Situasi Kondusif Selama WWF ke-10

    Melalui hal-hal tersebut untuk memfasilitasi para IKM dalam pertukaran pengetahuan dan pengalaman serta ide-ide kreatif, sangat diyakini akan mengembangkan para pelaku IKM. Sehingga, Pojok IKM yang dirancang untuk menjadi pusat sumber daya yang mendukung pertumbuhan dan keberhasilan IKM di Kabupaten Tabanan dapat terwujud. Selain itu, keberhasilan IKM ini nantinya juga akan bermuara pada peningkatan perekonomian di Kabupaten Tabanan. (m/kb)

    Back to top button