SosialTabanan

Pasar Rakyat “Berbelanja dan Berbagi” TP PKK Tabanan ‘Diserbu’ Masyarakat 

    TABANAN, Kilasbali.com – Pasar rakyat “Berbelanja dan Berbagi” TP PKK Tabanan ‘diserbu’ masyarakat.

    Pasar yang digelar oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, berlangsung kawasan Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Selasa (18/7).

    Program yang dibalut dengan aksi sosial ini, merupakan kolaborasi dalam mendukung kesuksesan inisiator program TP PKK Provinsi yang diketuai oleh Ny. Putri Suastini Koster, yang saat itu juga hadir, guna menyejahterakan masyarakat di setiap daerah Kabupaten/Kota di Bali.

    Ini merupakan kali kedua program Berbelanja dan Berbagi di Tabanan, setelah yang pertama di tahun 2022 silam. Dan tentunya tetap meraih animo masyarakat yang luar biasa.

    Ragam potensi lokal disajikan dalam pasar rakyat ini, termasuk hasil pertanian, hasil bumi, berbagai Kuliner, UMKM dan IKM yang berasal dari seluruh kecamatan di Tabanan.

    Tampak hadir saat itu, Kadis PMD dan Dukcapil dari Provinsi Bali, Manggala Pakis Bali, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota Se-Bali, Kadis PMD Kabupaten/Kota Se-Bali dan Kepala OPD terkait di Kabupaten Tabanan dan juga jajaran PKK Seluruh Kabupaten/Kota Se-Bali.

    Rai Wahyuni senantiasa mengajak seluruh undangan untuk “berbelanja” produk-produk hasil bumi, UP2K, KWT (Kelompok Wanita Tani) Poklahsar Perikanan, UMKM dan IKM Tabanan yang diperjual belikan di setiap stan, di mana hasil belanja tersebut nantinya akan disalurkan kembali dalam program “berbagi”.

    Baca Juga:  Teh Gobo, Teh Berbahan Dasar Sayur Gonda Ciri Khas Desa Bongan

    Target penerima manfaatnya telah tercatat sebanyak 100 orang masyarakat kurang mampu dari seluruh kecamatan di Tabanan, di mana masing-masing diwakili oleh 10 orang penerima per-Kecamatan.

    Sementara dari Provinsi Bali memberikan 200 paket, Kabupaten/Kota se-Bali 100 paket sehingga total keseluruhan bantuan yang diberikan adalah 300 paket. Bantuan terdiri dari kebutuhan pokok juga sembako dan produk belanjaan dari stan yang digelar.

    Merupakan daerah agraris yang menghasilkan produk-produk unggulan pertanian dan perkebunan, di samping itu juga produk kerajinan khas Tabanan seperti keramik, logam, batok kelapa, besi dan gerabah dengan kualitas yang baik. antusiasme keikutsertaan IKM/UMKM pada pasar rakyat ini juga nampak sangat tinggi, dimana total 81 peserta terdaftar, turut berpartisipasi.

    Baca Juga:  Tingkatkan Prestasi Pencak Silat, Bupati Sanjaya Resmikan Padepokan Perisai Diri Tabanan

     

    Bagi Ketua TP PKK Provinsi Bali yang akrab disapa Bunda Koster itu, kegiatan aksi sosial PKK selain menjadi momen berbagi yang menyasar langsung ke masyarakat juga merupakan suatu kesempatan bagi para pengurus PKK untuk bertemu dan bertegur sapa.

    “PKK memiliki tugasnya yaitu sosialisasi, ketika kita mengadakan pasar rakyat, kita bisa melakukan aksi sosial, memberikan bantuan sosial dan bersosialisasi. Oleh sebab itu, saya selaku Ketua TP PKK Provinsi, tentunya juga akan menyampaikan apa yang sedang dilakukan pemerintah Provinsi Bali dalam hal ini Bapak Gubernur. Sehingga terwujud masyarakat maju yang gemah ripah loh jinawi, adil Makmur kerta raharja, sekala lan niskala,” papar Putri Koster.

    Selaras dengan paparan Bunda Koster, Rai Wahyuni yang juga dikenal dengan teguran Bunda Rai, nyatakan keberadaan pasar rakyat hari ini yang tak hanya membawa berkah bagi para pelaku IKM/UMKM namun juga memberikan manfaat yang mulia bagi masyarakat yang membutuhkan.

    Baca Juga:  Polres Tabanan Tangkap 9 Tersangka Narkotika, Satu di Antaranya Ibu Rumah Tangga

    “Izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ketua TP PKK Provinsi Bali, sebagai penggagas atas terselenggaranya program pasar rakyat ini, di mana kegiatan ini memberikan ruang serta ajang promosi bagi UMKM/IKM kami khususnya di Tabanan, untuk menampilkan seluruh potensi yang dimiliki kepada pasar yang lebih luas. Di samping itu, kami sangat berharap kegiatan ini mampu membangkitkan dan menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat terutama masyarakat kecil dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19,” terang Bunda Rai.

     

    Selebihnya, Bunda Rai juga ucapkan terima kasihnya kepada Bapak Bupati Tabanan atas perkenannya untuk selalu mensupport kegiatan di PKK, kepada manggala pakis provinsi Bali dan seluruh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota Se-Bali atas bantuan yang diberikan kepada Masayarakat Tabanan serta para OPD yang telah berkolaborasi dalam keberlangsungan acara.

    Di kegiatan tersebut, Bunda Rai ajak Bunda Putri Koster dan rombongan untuk mengunjungi dan meninjau masing-masing stan UMKM dan IKM sekaligus memperkenalkan secara langsung, produk-produk unggulan khas Tabanan. (m/kb)

    Back to top button