Ekonomi BisnisNews UpdateTabanan

Batasi Penggunaan Sumur Bor, TAB Tabanan Gelar Gebyar Sambungan Air Minum Murah

    TABANAN, Kilasbali.com – Dikeluarkannya Permen ESDM Nomor 259 Tahun 2022 tentang standar penyelenggaraan izin pengusahaan air tanah membuat masyarakat tidak bisa seenaknya melakukan pengeboran atau penggalian eksplorasi air tanah, ada sejumlah aturan dan persyaratan yang harus dipenuhi.

    Tentunya aturan ini dikeluarkan untuk mengendalikan eksplorasi air tanah yang jika dibiarkan akan semakin liar dan tidak terkontrol. Hal ini pun mendorong masyarakat untuk menggunaan air perpipaan bukan malah menggunakan air tanah.

    Baca Juga:  Tabanan Jadi Tuan Rumah KTNA Nasional 2024, 3.000 Peserta Diperkirakan Hadir

    Apabila hal itu dibiarkan terus terjadi maka penurunan muka tanah akibat eksploitasi air tanah yang berlebihan akan terjadi di Tabanan bahkan di Bali. Yang paling parah tanah bisa ambles atau penurunan muka tanah.

    Kasubag Humas Perumda TAB, I Wayan Agus Suanjaya mengatakan, Perumda Tirta Amertha Buana (TAB) Tabanan memiliki visi dan misi untuk dapat menyediakan akses air bersih bagi masyarakat.

    Baca Juga:  Chili dan Bali Jajaki Kerjasama Pertanian, Mahendra Jaya Ungkap Ini

    Dengan berbagai pertimbangan dan kajian, Perumda TAB Tabanan pun menyelenggarakan Gebyar Sambungan Air Minum Murah dengan memberikan diskon pemasangan sambungan rumah tangga (SR) baru maupun penyambungan kembali.

    Gebyar ini dibuka mulai 3 Juli 2023 dan berlangsung hingga 31 Agustus 2023. Dan per Kamis 20 Juli 2023 (pukul 08.00 WITA), jumlah pendaftaran yang diterima di Kantor Pusat dan Kantor Unit telah mencapai 866 pendaftar.

    “Program ini disambut antusias masyarakat Tabanan. Terutama masyarakat yang sebelumnya menggunakan sumur BOR atau PAM swadaya. Mereka sebagian besar memilih beralih ke layanan Perumda TAB karena kualitas air yang mereka dapatkan tidak baik, seperti keruh atau berbau,” ungkapnya, Kamis (20/7).

    Baca Juga:  Gathering Bali Fashion Trend 2024 Pamerkan Karya 12 Desainer

    Seiring dengan gebyar ini Perumda TAB pun berkomitmen terus menjaga dan meningkatkan pelayanan dengan memastikan kontinuitas distribusi air kepada pelanggan. (m/kb)

    Back to top button