DenpasarSeni BudayaTokoh

Sipandu Beradat Pengamanan Berbasis Adat di Bali

    DENPASAR, Kilasbali.com – Salah satu dari 44 Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru yaitu Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat) yang digagas oleh Gubernur Bali, Wayan Koster.

    “Sipandu Beradat bertujuan menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat,” kata Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Koster saat sosialisasi 44 Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru di salah satu stasiun TV Swasta di Denpasar, Senin (24/7).

    Baca Juga:  Indonesia Cetak Berbagai Rekor di WWF ke-10

    Menurutnya, dalam upaya terciptanya keamanan, ketertiban, dan kenyamanan ini diperlukan sinergitas seluruh komponen masyarakat baik itu pemerintah, komponen pengamanan dan partisipasi aktif masyarakat.

    Untuk itu keberadaan Sipandu Beradat ini perlu terus disosialisasikan ke tengah masyarakat, sehingga masyarakat bisa berperan aktif mencegah potensi munculnya situasi gangguan ketertiban, ketentraman, keamanan dan kerawanan sosial di wilayah masing-masing.

    Baca Juga:  Catat Bali Fashion Parade 2024 di TS Suites

    Dia menambahkan pentingnya kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan lingkungan sekitar karena keamanan bukan semata mata tanggung jawab pihak keamanan semata.

    “Untuk itu mari kita tumbuhkan kesadaran bersama menjaga keamanan lingkungan kita, sistemnya sudah ada, mari kita pahami dan implementasikan dan bersama-sama untuk mewujudkan Bali yang aman, nyaman dan sejahtera,” ajaknya. (jus/kb)

    Back to top button