CeremonialDenpasar

Puncak Festival Anak Denpasar Meriahkan HAN 2023

    DENPASAR, Kilasbali.com – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023 di Kota Denpasar berlangsung meriah. Dibalut dalam kegiatan bertajuk Festival Anak Denpasar, beragam kreativitas turut hadir memeriahkan kegiatan yang berlangsung di Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung, Rabu (26/7).

    Kegiatan yang mengusung tema “Kendali Cipta Harmoni” Anak terlindungi Indonesia Maju dihadiri Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua Gabungan Organisasi Wanita Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

    Diawali dengan penampilan kesenian dari siswa SMA N 8 Denpasar yang membawakan Tari dan Tabuh Sekar Jempiring Maskot Kota Denpasar, peringatan Hari Anak Nasional di Kota Denpasar juga me menghadirkan Permainan Tradisional anak dari sanggar Kukuruyuk, serta stand pameran dan UMKM juga tampak meramaikan kegiatan. Pada puncak peringatan tersebut, Wawali Arya Wibawa lantik pengurus Forum Anak Daerah (FAD) Denpasar masa bakti 2023-2025.

    Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa memberikan apresiasi atas dikukuhkanya pengurus FAD Kota Denpasar. Dimana, sepanjang keberadaannya, FAD memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan partisipasi anak dalam pembangunan.

    Baca Juga:  Indonesia Cetak Berbagai Rekor di WWF ke-10

    “Kami mengapresiasi keberadaan FAD Kota Denpasar dengan berperan aktif dalam segala kegiatan untuk meningkatkan partisipasi anak dalam pembangunan menuju Denpasar Maju,” ujar Wawali Arya Wibawa.

    Lebih lanjut disampaikan, Kota Denpasar sebagai Kota Layak Anak kategori Utama menjamin hak setiap anak. Sehingga setiap anak berhak mengekspresikan pendapat tentang pembangunan kota yang mereka inginkan. Tak hanya itu, anak juga diharapkan dapat berperan serta dalam kehidupan keluarga, komuniti, dan sosial, menerima pelayanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan hingga terlindungi dari eksploitasi, kekerasan dan perlakuan salah.

    “Kami berharap dengan adanya FAD Denpasar sebagai mitra Pemkot Denpasar dapat terus membangkitkan bakat, minat dan keterampilan sehingga dampak negatif dan pergaulan bebas dapat kita tekan bersama dan diisi dengan kegiatan positif,” tutup Arya Wibawa.

    Baca Juga:  Libatkan Wisatawan Asing, Griya Santrian Lepas 52 ekor Tukik

    Sementara Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Kota Denpasar, I Gusti Agung Sri Wetrawati didampingi Ketua Panitia Festival Anak Denpasar, I Made Dwi Yudiantara mengatakan peringatan HAN 2023 di Kota Denpasar kembali memberikan ruang kepada FAD Denpasar dalam kegiatan Festival Anak Denpasar. Kegiatan Festival Anak yang dilaksanakan untuk kedua kalinya ini diharapkan menjadi sarana dalam berkreasi, beraspirasi dan berpartisipasi bagi anak-anak Kota Denpasar.

    Baca Juga:  Indonesia Cetak Berbagai Rekor di WWF ke-10

    Dikatakan Gung Wetra, kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai perlombaan. Diantaranya Lomba Parenting Decoupasi untuk anak berkebutuhan khusus, lomba mewarnai untuk anak TK, Lomba Nyurat Aksara Bali untuk anak SD, hingga Lomba Cover Jingel FAD untuk tingkat SMP.

    “Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pengukuhan FAD Kota Denpasar masa Bakti 2023-2025 yang nantinya dapat meningkatkan rasa solidaritas dan kerjasama serta memberikan ruang berekspresi bagi anak-anak di Kota Denpasar,” ujarnya. (m/kb)

    Back to top button