DenpasarTokoh

Peran Penting Bidan Jaga Kesehatan Ibu dan Anak

    DENPASAR, Kilasbali.com – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Putri Koster menyampaikan peran penting bidan menjaga kesehatan ibu dan anak.

    Hal itu disampaikan Putri Koster saat menjadi keynote speaker dalam webinar Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Bali dengan tema ‘Wawasan Bidan dalam Meningkatkan Mutu Asuhan Kebidanan yang Berimplikasi pada Tumbuh Kembang Anak’ yang digelar secara daring di Denpasar, Jumat, 4 Agustus 2023.

    Di hadapan 3.156 orang bidan se-Indonesia yang hadir secara daring, wanita yang akrab disapa Bunda Putri tersebut menyampaikan bagaimana pentingnya peran bidan dalam menjaga kesehatan ibu dan anak.

    Ia pun menilai kinerja Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Bali telah sangat baik jika dilihat dari jumlah kematian ibu dan bayi yang kecil serta rendahnya angka stunting di Provinsi Bali.

    Baca Juga:  Menko Marves Sebut Kesuksesan WWF 2024 Berkat Jokowi

    Sementara itu, Tim Penggerak PKK Provinsi Bali sendiri telah 4 (empat) tahun lebih bersinergi bergandeng tangan dengan IBI Provinsi Bali untuk membantu mengedukasi masyarakat khususnya kesehatan ibu dan anak sambil memberikan bantuan kepada masyarakat desa di seluruh Kabupaten/Kota di Bali.

    Hal tersebut juga berkaitan dengan tugas pokok Bidan yang masih beririsan dengan PKK.

    Menurutnya, seorang bidan tidak hanya profesional dalam bertugas namun juga harus tetap update dalam setiap perkembangan pengetahuan terbaru terkait dengan profesinya sementara sentuhan kasih sayang juga tetap diperlukan.

    Baca Juga:  Sekda Bali Minta REI Selaraskan Program Kerja

    Profesi Bidan menurutnya adalah profesi kemanusiaan yang bersentuhan langsung dengan kesehatan dan nyawa manusia sehingga harus dilakukan dengan sentuhan kasih sayang.

    Ia berharap para bidan di Indonesia dapat tetap mempertahankan budaya ngayah untuk mengabdi kepada masyarakat, sehingga masyarakat Bali dapat menjadi manusia yang unggul berkat dirawat oleh bidan.

    Sementara itu, ia juga berharap agar seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Bali dapat memperhatikan kesehatannya.

    Baca Juga:  Penyediaan Air Minum 3 Juta Rumah Tangga Terbantu WWF ke-10

    “Mari kita bersama-sama menjaga kesehatan kita dan orang-orang di sekitar kita sehingga kita dapat menjadi generasi yang tangguh yang diharapkan oleh bangsa kita,” pesan Bunda Putri yang dapat dimulai dengan memperhatikan 1000 hari pertama kehidupan seorang anak. (m/kb)

    Back to top button