DenpasarPolitik

Serah Terima Kirab Bendera Parpol Pemilu 2024 di Kota Denpasar

    DENPASAR, Kilasbali.com – Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Serah Terima Kirab Bendera Partai Politik Peserta Pemilu Serentak Tahun 2024 dari KPU Kabupaten Gianyar kepada KPU Kota Denpasar di Halaman Kantor KPU Kota Denpasar, Minggu (6/8).

    Pelaksanaan Kirab tersebut merupakan agenda nasional serangkaian sosialisasi guna menyongsong Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

    Turut hadir Ketua KPU Provinisi Bali, I Dewa Gede Agung Lidartawan, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Kapolresta Kota Denpasar, Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas, Forkopimda Kota Denpasar, Ketua Bawaslu Kota Denpasar, I Putu Arnata, Pimpinan Partai Politik di tingkat Kota Denpasar, penyelenggara Pemilu dari tingkat kecamatan dan desa/kelurahan, serta undangan lainya.

    Iring-iringan Kirab Bendera Partai Politik Pemilu Tahun 2024 tiba di Kota Denpasar sekitar pukul 08.00 Wita yang diiringi Tabuh Baleganjur, Tarian Sekar Jempiring dan Baris Gede. Usai diserahkan, bendera partai politik langsung diarak mengelilingi Lapangan Niti Mandala. Dalam kesempatan tersebut, juga turut dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima serta Deklarasi Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa. Turut diserahkan pula Cinderamata Suara Rakyat (Sura) dan Suara Pemilu (Sulu) yang merupakan Maskot Pemilu Serentak Tahun 2024.

    Baca Juga:  Piraeus Yunani Jajaki Kerjasama dengan Kota Denpasar

    Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya menjelaskan, Kirab Pemilu 2024 merupakan program nasional yang dilaksanakan oleh KPU dan seluruh jajarannya di tingkat daerah dengan mengusung tema “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa “.

    Kegiatan ini pertama kali diluncurkan oleh KPU RI di Jakarta pada tanggal 14 Februari 2023 tepat setahun menuju Pemilu Tahun 2024 dan akan berakhir di Jakarta tanggal 26 November 2023.

    Lebih lanjut dijelaskan, Kirab Pemilu 2024 ini diilaksanakan pada 8 jalur dan akan melewati 305 kabupaten/kota yang tersebar di 38 provinsi. Kirab Pemilu Jalur VI memasuki Provinsi Bali melalui Kabupaten Karangasem tanggal 13 Juli 2023, berlanjut ke Kabupaten Klungkung, Kabupaten Bangli, Kabupaten Gianyar dan Hari ini Minggu 6 Agustus 2023 telah sampai di Kota Denpasar.

    “Kirab Pemilu Tahun 2024 di Kota Denpasar akan berlangsung sampai  tanggal 13 Agustus 2023. Selanjutnya bendera akan diserahterimakan kepada KPU Kabupaten Badung untuk estafet berikutnya,” ujarnya

    Baca Juga:  Duta Kota Denpasar Persembahkan ‘Ida Cokorda Mantuk Ring Rana’ di Pawai Pembukaan PKB

    Lebih lanjut dijelaskan, KPU menggunakan momen kirab ini sebagai salah satu sarana sosialisasi Pemilu Tahun 2024 yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024 serta memperkenalkan Partai Politik peserta Pemilu 2024 kepada seluruh elemen  masyarakat.

    Ditambahkannya, KPU Kota Denpasar akan mengemas Kirab Pemilu Tahun 2024 ini dengan berbagai kegiatan sosialisasi yang diawali dengan sosialisasi bersama Pasukan Kuda, Atlet Pelari, Petugas Woro-Woro dari Pemkot Denpasar serta Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024 di seputaran Bajra Sandhi dilanjutkan sosialisasi kepada segmen pemilih pemula, disabilitas, perempuan, pemuda, tokoh adat dan Masyarakat Kota Denpasar di area publik seperti pasar dan lapangan.

    “Harapannya melalui Kirab Pemilu ini masyarakat Kota Denpasar dapat mengetahui tahapan, hari dan tanggal dan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024. Dengan demikian dapat berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya maupun menyukseskan penyelenggaraan Pemilu  Tahun 2024,” jelasnya

    Sementara, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara berharap melalui Serah Terima Kirab Bendera Partai Politik peserta Pemilu Serentak Tahun 2024 ini mampu mensosialisasikan tahapan Pemilu 2024 kepada masyarakat dengan optimal. Sehingga masyarakat menjadi paham dan dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik.

    Baca Juga:  Seniman Gender Anak-anak Beraksi Memikat Hati

    Pihaknya juga mengajak masyarakat Kota Denpasar untuk berperan aktif mensosialisasikan tahapan pemilu serta ikut mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 dari tahap awal hingga akhir. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, terlebih juga untuk mewujudkan Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa sesuai dengan tema yang telah ditetapkan.

    Dalam Kesempatan ini, Walikota Jaya Negara mengajak seluruh pimpinan, pemangku kepentingan, partai politik dan masyarakat Kota Denpasar untuk mendukung serta berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan Kirab Pemilu Tahun 2024 dan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 di Kota Denpasar.

    “Hari ini kita telah berada pada tahapan sosialisasi melalui Kirab Bendera Partai Politik Peserta Pemilu Serentak Tahun 2024, mari kita sukseskan bersama, dan kepada warga Kota Denpasar mari bersama  mensukseskan rangkaian Pemilu 2024, sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai yang tentunya berkemanfaatan untuk kesejahteraan rakyat,” ujarnya.  (m/kb)

    Back to top button