Seni BudayaTabananTokoh

Bupati Sanjaya Dukung Yadnya Krama Desa Lalanglingah dan Desa Adat Mambang

    TABANAN, kilasbali.com – Selalu berkomitmen meningkatkan sinergi dengan rakyat adalah hal yang penting untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dan menyeluruh di suatu daerah.

    Untuk itu, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya sangat konsisten hadir langsung memberikan dukungan terhadap pembangunan yang dilakukan krama/masyarakat guna bersama-sama mewujudkan visi menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani.

    Kali ini, Kamis (10/8), Bupati Sanjaya dan jajaran, menghadiri upacara Dewa Yadnya yang dilaksanakan Krama di 2 Kecamatan, yakni Karya Dewa Lingga Kertih, Pengenteg Linggih, Wrespati Kalpa Utama, Rsi Gana, Mapedudusan Madya di Pura Pengasahan, Banjar Dinas Pengasahan, Desa Lalanglinggah, Selbar, serta Nyaksi Upacara Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Mapedudus lan Mawrespati Kalpa di Pura Dalem Desa Adat Dukuhpulu Kaja, Desa Mambang, Seltim.

     

    Selain apresiasi dan dukungan dalam kunjungannya, Bupati Sanjaya yang saat di Desa Lalanglinggah bersama Ketua DPRD Bali, salah satu anggota DPRD Tabanan, Sekda dan Kepala OPD terkait, Ketua MDA Tabanan, Camat dan unsur Forkopimcam setempat, dan di Desa Mambang bersama salah satu anggota DPRD Tabanan, Sekda, Kepala OPD terkait, Camat dan unsur Forkopimcam setempat, juga memberikan bantuan kepada masyarakat guna meringankan beban masyarakat dalam pembangunan.

    Baca Juga:  Teh Gobo, Teh Berbahan Dasar Sayur Gonda Ciri Khas Desa Bongan

     

    “Semeton tiang semuanya, suksma pisan kali ini tiang bisa bertatap muka langsung dengan krama, saat krama tiang disini melaksanakan Yadnya. Tiang di Pemkab Tabanan memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya, baik kepada Bendesa, Manggala Karya dan krama disini dikala telah menunjukan bhakti kepada Ida Sesuhunan dan juga cerminan pelestarian tradisi, seni, adat, agama dan budaya yang ada,” ujar Sanjaya saat menghadiri Karya krama Lalanglinggah.

    Atas kekompakan dan semangat gotong-royong krama yang bahu membahu mewujudkan pembangunan, Sanjaya mengatakan kehadiran pihaknya beserta jajaran merupakan sebuah kewajiban guna memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat.

    Terlebih, pembangunan yang dilakukan krama sangat selaras dengan visi Pemkab “Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani”, dalam bidang pelestarian tradisi, seni, adat, agama dan budaya.

    Baca Juga:  Pentingnya Manajemen Risiko dalam Percepatan Proyek Strategis Nasional

     

    “Krama kita disini sudah sangat berkontribusi dalam mewujudkan visi menuju Tabanan Era Baru dalam bidang pelestarian Tradisi Adat, Agama dan Budaya yang ada. Untuk mewujudkan masyarakat yang Aman, Unggul dan Madani, inilah tugas kita di Pemkab Tabanan, satu sebagai pengayom, dua sebagai Guru Wisesa, tiga sebagai Murdaning Jagat. Dikala semeton tiang kompak bersatu membangun Karya, kami wajib hadir di tengah masyarakat bersama-sama berkontribusi agar Yadnya ini memargi antar labda karya sida sidaning don,” imbuh Sanjaya.

    Baca Juga:  Kurang Hati-hati Saat Menyalip, Vario Seruduk Tronton

     

    Sementara itu, Manggala Karya di masing-masing Desa Adat mewakili seluruh kramanya, menyampaikan apresiasi kepada Bupati beserta jajaran dan pihak legislatif atas perhatian dan dukungan kepada pihaknya. Seperti yang dikatakan oleh I Wayan Sukadana selaku Manggala Karya Ngenteg Linggih Desa Adat Lalanglinggah, menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati beserta jajaran dan pihak legislatif yang dikatakannya sangat bermanfaat bagi krama Desa Adat Lalanglinggah.

     

    “Untuk diketahui, Pura Pengasahan ini diempon oleh 320 KK pengempon, menghaturkan swasti prapta, menghaturkan rahajeng semeng dan suksma ring manah, ritatkala Bupati beserta jajaran dan pihak legislatif sudah berkenan menghadiri kegiatan kami. Tadi juga Bupati dan jajaran beserta pihak legislatif dan krama juga telah bersama-sama mendoakan Karya ini. Suksma pisan atas kehadiran dan perhatian serta dukungannya selama ini,” ujarnya. (m/kb)

    Back to top button