DenpasarEkonomi Bisnis

Bazzar Pangan Tekan Inflasi

Agenda Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Peringati HUT Ke-78 Tahun RI

    DENPASAR, Kilasbali.com – Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar menggelar Bazzar Pangan di Wantilan Pura Dalem Kahyangan Penatih Jalan Kaswari Banjar/Lingkungan Semaga Kamis (17/8).

    Kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya pengendalian inflasi daerah serta mendukung akses pangan masyarakat ini dirangkaikan dengan memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tahun 2023 ini.

    Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar mengatakan Ni Luh Ketut Sri Yuani mengungkapkan, Bazaar Pangan ini merupakan langkah nyata dalam menjaga ketersediaan pangan yang stabil dan terjangkau. Selain itu, kegiatan ini juga turut merayakan momen penting kemerdekaan Republik Indonesia.

    Lebih lanjut dijelaskan, dalam pelaksanaan Bazaar Pangan ini melibatkan 19 distributor  dengan menyediakan  berbagai bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak, cabai, bawang merah, bawah putih telur dan sebagainya. Bazzar tersebut juga menawarkan beragam produk pangan segar, ikan laut, hasil perikanan, hasil dari panen petani serta produk olahan UMKM  Kota Denpasar.

    Baca Juga:  Libatkan Wisatawan Asing, Griya Santrian Lepas 52 ekor Tukik

    “Dalam Bazaar Pangan masyarakat akan mendapat  harga lebih terjangkau dari pasaran seperti terlihat beras dijual dengan harga Rp 58.000 per 5 kg, bawang merah Rp 25. 000, bawnag putih Rp 36.000, gula pasir Rp 14.500 per kg, minyak kemasan Rp 16.000 per 1 liter, cabai Rp 40.000,” ungkap Yuani sembari berharap melalui kegiatan ini masyarakat dapat memperoleh pangan dengan harga terjangkau dan kualitas yang terjamin, sehingga inflasi bisa dikendalikan di Kota Denpasar.

    Baca Juga:  Indonesia Cetak Berbagai Rekor di WWF ke-10

    Sementara Bendesa Adat Penatih I Wayan Eka Yana juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar karena telah menyelenggarakan  Bazaar Pangan di Desa Adat Penatih.

    Menurutnya, dengan adanya Bazzar Pangan ini masyarakat bisa mendapatlkan harga pangan lebih terjangkau dengan kualitas yang bagus. Selain itu juga terjadinya sinergi karena yang berjualan merupakan warga lokal sehingga asas manfaat baik penyelenggara, produsen konsumen dan warga Penatih.

    Baca Juga:  Alokasi Pupuk Subsidi ke Petani Tabanan Kembali Meningkat

    “Kami sangat memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini, yang terpenting melalui kegiatan ini selain memudahkan masyarakat juga dapat mendukung perputaran ekonomian yang bagus,” ucap Eka Yana

    Salah satu warga, Ni Wayan Sariasih juga mengaku senang adanya Bazzar Pangan ini karena masyarakat bisa berbelanja dengan harga terjangkau di banding di pasaran. “Tentunya sangat bermanfdaat, dan harapanya semoga kegiatan ini berkelanjutan,” ujarnya. (M/kb/r)

    Back to top button