Ekonomi BisnisTabananTokoh

Dukung UMKM Tabanan, Sanjaya Kunjungi Surabaya Great Expo

    TABANAN, Kilasbali.com – Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap UMKM di Kabupaten Tabanan, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bersama istri, Rai Wahyuni Sanjaya yang juga sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tabanan, berkunjung dan meninjau pameran UMKM ke Surabaya Great Expo, yang digelar di Grand City Mall Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (19/08) sore.

    Turut mendampingi Inspektur Kabupaten Tabanan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan, Kepala DPMD Kabupaten Tabanan, Sekretaris Bappeda serta OPD terkait lainnya, Manajer Operasional DTW Tanah Lot I Wayan Sudiana. Rombongan disambut oleh Direktur PT. Debindo Mitra Tama, Budiono.

    Bupati Sanjaya dalam kesempatan tersebut menyampaikan dukungan dan motivasinya terhadap pelaku UMKM Tabanan yang mendapat kesempatan mempromosikan hasil produksinya dalam pameran ini.

    Menurutnya, keikutsertaan dalam Surabaya Great Expo bisa menjadi sebuah sarana untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi utamanya dalam sektor industri yang dihasilkan oleh UMKM.

    Baca Juga:  JNE dan KONI Teken MoU Suksekan PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh

    “Saya yakin dan optimis UMKM di Kabupaten Tabanan akan maju dan berkembang pesat. Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai salah satu ajang promosi dan buktikan bahwa produk yang dihasilkan memang pantas bersaing di pasaran lokal bahkan interlokal nantinya,” ungkapnya.

    Ditambahkan, apapun produk unggulan yang dihasilkan di Kabupaten Tabanan, tapi bila pemasarannya masih bersifat lokal dalam daerah saja, tentu hasilnya akan kurang maksimal.

    Karenanya diperlukan sebuah terobosan, yakni salah satunya dengan mengekspos ke luar daerah, seperti salah satunya menyasar Kota Surabaya, mengingat Surabaya merupakan Kota Industri terbesar kedua setelah Ibu Kota Negara yakni Jakarta.

    “Sebagus apapun produk yang kita hasilkan, kalau pemasarannya masih bersifak lokalan dalam daerah tentu hasilnya tidak akan maksimal. Mengikuti pameran seperti ini merupakan sebuah strategi pemasaran yang sangat efektif untuk memperkenalkan produk kita untuk mendongkrak penjualannya,” imbuhnya.

    Baca Juga:  Tingkatkan Kinerja Sekretariat DPRD Provinsi Bali Luncurkan E-Audiensi

    Sanjaya juga optimis perekonomian Kabupaten Tabanan akan bangkit dan semakin maju apabila pelaku usaha seperti UMKM mau terus berinovasi agar bisa menghasilkan produk yang bernilai tinggi. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas terkait serta Perusda yang ada di Kabupaten Tabanan karena telah memperkenalkan produk unggulan di dalam pameran ini.

    “Kami ke tempat ini promosi sekaligus studi tiru. di Bali terdapat 9 Kabupaten/Kota yang memiliki kearifan lokal yang berbeda. Jika semua berkolaborasi maka bisa menjadi daya tarik juga bagi pelaku UMKM di Surabaya. Jadikan momen ini sebagai momen untuk saling bertukar informasi agar produk yang dihasilkan juga semakin baik ke depannya,” imbuhnya

    Dalam kesempatan yang sama, Rai Wahyuni Sanjaya menyampaikan, sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan, pihaknya juga telah melakukan pameran di berbagai tempat seperti JCC Jakarta, Kriya Nusa dan yang lainnya. Tujuan pameran ini adalah untuk memperkenalkan produk unggulan yang ada di Kabupaten Tabanan ke pangsa pasar yang lebih luas seperti Surabaya.

    “Ini merupakan kesempatan kami untuk mempromosikan produk-produk unggulan di Kabupaten Tabanan. Semoga ke depan kami bisa lebih berkreasi dan berinovasi, mencari dan melihat baik dari segi tampilan, desain serta strategi pemasarannya seperti apa sehingga nantinya produk kami juga bisa diekspor ke luar negeri,” ungkapnya.

    Baca Juga:  Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali 2024

    Bupati Sanjaya berserta rombongan mengunjungi satu persatu gerai sembari berbincang dengan para pelaku UMKM. Pihaknya berpesan agar para pelaku UMKM tetap bersemangat dan berinovasi meningkatkan kualitas produk guna meningkatkan perekonomian di Kabupaten Tabanan. (m/kb)

    Back to top button