CeremonialDenpasar

Bali Angka Stunting Terendah di Indonesia

Gubernur Koster dan Istri Raih Penghargaan MKK

    DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Koster menerima penghargaan Manggala Karya Kernaca (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Jaya Sabha Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jumat (25/6).

    Penghargaan ini diserahkan Inspektur Utama BKKBN, Ari Dwikora atas prestasi dan komitmen Wayan Koster beserta Putri Koster dalam menggerakkan program pembangunan, Kependudukan dan Keluarga Berencana serta Percepatan Penurunan Stunting untuk terwujudnya Keluarga Berkualitas Bahagia dan Sejahtera di Provinsi Bali.

    “Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama semua jajaran, Dinas Kesehatan serta tim penggerak PKK Provinsi Bali yang dipimpin oleh Ny. Putri Koster bersinergi dengan tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-Bali dan Desa, sehingga angka stunting di Bali turun dengan cepat,” kata Wayan Koster

    Untuk diketahui, berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2022 pravelensi stunting di Provinsi Bali mengalami penurunan 2,9 persen dari yang sebelumnya 10,9 persen menjadi 8 persen atau jauh dibawah angka stunting nasional.

    Baca Juga:  Pemprov Bali Cegah Ini Dunia Maya

    “Pada tahun ini, saya targetkan angka stunting di Bali semakin turun dengan target mencapai 6 persen dan kedepan kita tentunya ingin angka stunting berhasil mendekati zero atau nol persen,” harapnya

    Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Koster menyampaikan TP PKK Provinsi Bali yang dipimpinnya terus berupaya menyebarkan edukasi dalam bentuk sosialisasi pencegahan stunting kepada masyarakat luas.

    “Kami terus berupaya memberikan sosisalisasi, dan bantuan untuk meningkatkan gizi serta mengajak orang tua dan calon orang tua untuk memperhatikan asupan nutrisi bagi anak melalui kegiatan Menyapa dan Berbagi ke seluruh kabupaten/kota di Bali bekerjasama denga TP PKK Kabupaten/Kota se-Bali dan Dinas serta lembaga di Provinsi Bali,” kata Putri Koster.

    Baca Juga:  Gruduk Kantoran, Tim DLH Temukan Sampah 'Satu Lobang Rame-rame'

    Sedangkan Ari Dwikora menyampaikan rasa bangganya terhadap Bali yang dipimpin oleh Gubernur Bali bersama ketua TP PKK Provinsi Bali yang telah luar biasa dengan membawa Bali sebagai Provinsi dengan angka stunting terendah di Indonesia.

    “Namun kami berharap agar Bali jangan sampai terlena dengan pencapaian penurunan stunting paling terendah. Untuk itu, kami berharap kolaborasi kerja yang sangat baik dari Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Puti Koster terus berlanjut untuk mengajak seluruh pemerintah daerah di Kab/Kota berkomitmen mempercepat penurunan stunting,” harapnya. (Nur Octavia Dian R/bkkbn/kb)

    Back to top button