CeremonialDenpasar

Gubernur Koster Dianugerahi Penghargaan Katagori Pariwisata Berkarakter oleh Tempo

    DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali, Wayan Koster dianugerahi penghargaan katagori Pariwisata Berkarakter oleh Tempo. Penghargaan diberikan dalam acara Apresiasi Tokoh Indonesia yang dilaksanakan oleh PT Tempo Inti Media Tbk, di Ballroom Hotel The Ritz – Carlton, Jakarta, Selasa (29/8).

    Penghargaan itu, diserahkan Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk, Arif Zulkifli kepada Gubernur Koster dan disaksikan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

    Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan selamat kepada kepala daerah yang berhasil membawa pemerintah daerahnya meraih penghargaan tertinggi dari Tempo.

    “Saya mengucapkan terima kasih kepada Tempo yang telah membantu saya melakukan pengawasan ke pemerintah daerah dan hasil pengawasannya disampaikan di acara Apresiasi Tokoh Indonesia,” kata Tito.

    Baca Juga:  Kementerian ATR/BPN Nobatkan Denpasar sebagai Kota Lengkap

    Sementara itu, Wayan Koster menyampaikan, penghargaan katagori Pariwisata Berkarakter yang diterima oleh Pemerintah Provinsi Bali merupakan hasil dari reformasi kebijakan pascapandemi covid – 19 untuk mewujudkan pariwisata Bali berbasis budaya, berkualitas, bermartabat, berdaya saing, dan berkelanjutan.

    Menurutnya, hal ini sesuai dengan pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 5 Tahun 2020 tentang Standar Penyelenggaraan Kepariwisataan Budaya Bali, dan Peraturan Gubernur Provinsi Bali Nomor 28 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Pariwisata Bali. “Agar Bali tetap menjadi pariwisata yang berkelas dunia, serta tetap eksis dan survive dalam menghadapi persaingan global,” imbuhnya.

    Dalam kesempatan itu, Koster juga menyampaikan kunjungan wisatawan ke Bali. “Tercatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali dari bulan Januari – Agustus tahun 2023 mencapai 3.094.504 orang, dan kunjungan wisatawan domestik (wisdom) dari bulan Januari – Agustus tahun 2023 mencapai 3.586.138 orang,” sebutnya.

    Baca Juga:  'Bali Nice' Lepas 600 Tukik, 1000 Burung dan 30 Penyu Dukung WWF

    Sebelumnya, Arif Zulkifli menyampaikan selamat kepada Wayan Koster atas penghargaan yang diraih. Penghargaan ini diberikan, karena kepala daerahnya memiliki kontribusi dan memberikan manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh warganya sebagai tonggak pencapaian kemajuan pembangunan.

    “Tempo memberikan penghargaan Pariwisata Berkarakter di era kepemimpinan Gubernur Bali, Wayan Koster, karena Pemerintah Provinsi Bali mampu mewujudkan Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru yang lebih berkelanjutan, ramah lingkungan dan mampu membawa Bali masih tetap eksis sebagai salah satu barometer pariwisata dunia,” ujarnya. (m/kb)

     

    Back to top button