PendidikanTabanan

Pramuka Wadah Pembinaan Generasi Muda

    TABANAN, Kilasbali.com – Pramuka merupakan salah satu wadah dari pembinaan terhadap generasi muda untuk membentuk jiwa yang berdedikasi tinggi, disiplin, terampil dan cinta tanah air.

    Dalam hal ini, TNI AD menggandeng organisasi Gerakan Pramuka untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter), yang hakekatnya adalah penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya yang dibina secara dini untuk dibangun, dipelihara dan ditingkatkan.

    Seperti halnya kegiatan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Terpusat Tingkat Kodam TA. 2023 Wilayah Kodam IX/Udayana yang digelar di Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, dengan tema “Membangun Binter Yang Adaptif Melalui Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Guna Membentuk Generasi Muda Yang Berwawasan Kebangsaan dan Memiliki Semangat Bela Negara”.

    Kegiatan perkemahan ini dibuka oleh Asisten Teritorial Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Puji Hartono, Sabtu (9/9/2023).

    Baca Juga:  Bupati Sanjaya Gelar Mutasi dan Geser Posisi Dua Kepala Dinas

    Usai penyematan tanda peserta dan pengucapan Tri Satya dan Dasa Darma, Aster Kasdam IX/Udayana dalam amanatnya menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini yaitu terwujudnya generasi muda yang memiliki keterampilan sesuai dengan Krida Saka Wira Kartika.

    “Yakni pengetahuan, keterampilan dan kesadaran dalam membela Negara Indonesia serta memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan TNI AD sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang dijabarkan melalui salah satu fungsi utama TNI AD yaitu Pembinaan Teritorial,” jelas Aster Kasdam IX/Udayana.

    Lebih lanjut disampaikan, salah satu sasaran dari Pembinaan Teritorial adalah pembinaan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM), di mana fokus atau titik berat pembinaan tersebut adalah generasi muda selaku calon-calon penerus generasi bangsa Indonesia.

    Baca Juga:  Bangunan Pura Dalem Purwa di Cau Belayu Tersambar Betir Saat Galungan

    Turut hadir dalam kegiatan upacara pembukaan tersebut diantaranya Kasiter Kasrem 163/WSA, Para Dandim Jajaran Korem 163/WSA, Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Bali, Kepala Pusdiklatda Kwarda Bali, Kepala Disdikpora Kabupaten/Kota se Provinsi Bali, Ketua Yayasan Kebaktian Proklamasi, Para Pembina dan Pendamping dari masing-masing Kodim se Bali, serta tamu undangan lainnya. (rl/kb)

    Back to top button