Tabanan

Gegara Pohoh Tumbang, Jalur Jurusan Denpasar – Gilimanuk Lumpuh Total

    TABANAN, Kilasbali.com – Jalur jurusan Denpasar – Gilimanuk lumpuh total. Hal itu dipicu gegara pohon tumbang, Rabu (13/9/2023) pagi, sekitar pukul 07.30 WITA.

    Saat itu, situasi arus lalu lintas sedang ramai dan padat. Namun gegara pohon jenis sengon tumbang dan melintang di jalur jurusan Denpasar – Gilimanuk tepatnya di sebelah Barat Pos Adi Pura (Hutan Lindung) Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Tabanan membuat arus lalu lintas sempat lumpuh.

    Petugas gabungan dari unsur BPBD Tabanan, PLN, TNI, Polres Tabanan, dan dibantu masyarakat segera melakukan evakuasi pohon tumbang tersebut.

    Pohon tumbang susulan yang menimpa kendaraan petugas. foto/ist

    Namun, selang 30 menit kemudian, tiba-tiba ranting pohon yang di sebelahnya pohon yang tumbang itu secara mendadak ikut patah, sehingga menimpa dari pada tim yang melaksanakan evakuasi.

    Baca Juga:  Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan di Tabanan Diperpanjang

    Tak hanya itu, ranting pohon juga menimpa Mobil BPBD, dan pengendara motor yang sedang melintas, serta mobil DKLH Tabanan.

    Kapolsek Tabanan, Kompol I Nyoman Wiranata mengatakan, akibat pohon tumbang yang melintang di jalan, arus lalu lintas tersendat.

    Lanjutnya, gabungan personel dari Polres Tabanan dan Polsek Tabanan melaksanakan pengaturan lalin, untuk mengurai kemacetan. “Arus lalin dialihkan ke jalan alternatf dan kami juga dibantu dari Koramil Tabanan dan Dishub Tabanan,” ungkapnya.

    Baca Juga:  Jamur Tiram Jadi Produk Andalan BUMDes Tri Buana Mesari

    Akibat perisitiwa itu, dua tiang listirk patah, dan kabelnya jatuh ke jalan. Sebuah papan reklame roboh dan rusak, tiga tiang internet roboh dan kabelnya putus, truk tertimpa kabel listrik, mobil BPBD Tabanan Penyok dan pecah kaca depan, mobil DKLH Tabanan rusak, dua rambu lalulintas patah, jaringan listrik dan internet putus di wilayah Kerambitan dan Tabanan.

    Sementara itu, korban dari masyarakat yakni I Ketut sukarata (44) asal Selbar patah tulang lengan kanan, istrinya Ni Wayan Suparniawati, dan anaknya luka memar di kepala, dan telah di rujuk Ke RSUD Tabanan untuk mendapatkan perawatan.

    Sedangkan korban dari Pihak BPBD atas nama  I Made Kurniarta, 49, asal Penebel, Tabanan mengalami memar pada paha kanan, dan sudah dirujuk ke RS Darma Kerti Tabanan. Selanjutnya, dari pihak PLN I Wayan artawan, 49, Bajra Selemadeg, Tabanan dirujuk ke RS Darma kerti.

    Baca Juga:  Bapemperda DPRD Tabanan Optimis Jalankan Program Pembahasan Ranperda di Tahun Politik

    “Saya berharap kepada pengemudi dan pengendara yang melintas di jalur Denpasar – Gilimanuk agar  bersabar dan hati – hati, kami dari Polres Tabanan bersama instansi terkait akan berusaha secepatnya mengevakuasi pohon yang tumbang agar arus  lalin lancar kembali,” pungkasnya. (m/kb)

    Back to top button