Seni BudayaTabanan

Ratusan Layang-Layang Hiasi Langit di Subak Serongo

    TABANAN, Kilasbali.com – Ratusan layang-layang menghiasi langit di Subak Serongo, Desa Pangkung Karung, Kecamatan Kerambitan Tabanan, Minggu (17/9) pagi.

    Rupanya, layang-layang itu tengah mengikuti Festival Layang – Layang II Desa Pangkung Karung yang digelar Karang Taruna Desa Pangkung Karung.

    Festival yang dibuka Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya itu, ikuti sebanyak 351 layang-layang berbagai jenis. Mulai dari layangn tradisional Be-bean, Janggan, dan juga layangan kreasi lainnya.

    “Kami di Pemkab Tabanan patut berbangga karena bisa melanjutkan apa yang digagas oleh tokoh kita di Desa Pangkung Karung,” katanya.

    Baca Juga:  Purnawan Resmi Daftar Cawabup PDIP Tabanan, Siap Mundur Bila Direkomendasikan DPP

    Sanjaya menuturkan, saat festival yang pertama dirinya juga hadir. Pihaknya pun menyampaikan apresiasi. Karena tokoh di desa ini konsisten melaksanakan sebuah event.

    “Sudah barang tentu apa yang digagas ini memberikan banyak manfaat positif, baik untuk pertanian serta perekonomian masyarakat setempat,” ujarnya.

    Bupati Sanjaya mengatakan, layang-layang ini merupakan sebuah tradisi terdahulu sebagai wujud syukur atas panen yang diberikan melimpah dan ini harus terus dilestarikan.

    Baca Juga:  Nyuwun Banten Pajegan 2,7 M, Perempuan Ini Dikawal Ketat

    “Selain sebagai wujud syukur, event ini juga kita bisa jadikan sebagai ajang silaturahmi khususnya bagi para sekaa layang-layang,” pungkasnya. (m/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi