CeremonialDenpasar

Dewa Gede Tagel Wirasa Dilantik Menjadi Pj Bupati Gianyar

    DENPASAR, Kilasbali.com – Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya melantik I Dewa Gede Tagel Wirasa menjadi Penjabat Bupati Gianyar, Rabu (20/9) di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali.

    Dewa Tagel Wirasa dilantik menggantikan Bupati Gianyar I Made Mahayastra yang masa jabatannya habis sebagai bupati periode 2018-2023.

    Sebelumnya terdapat sembilan kandidat dan nama tersebut dilakukan pembahasan di Kementerian Dalam Negeri dengan melibatkan Kementerian Setneg, Kemenpan RB, Sekretaris Kabinet, BKN, Badan Intelijen Negara dan kementerian lainya sesuai kebutuhan untuk menjadi 3 nama calon PJ Bupati.

    Dari tiga nama, Mendagri menyampaikan usulan kepada Presiden melalui Menteri Sekretaris Negara sebagai bahan pertimbangan oleh Presiden. Keputusan jatuh kepada Dewa Gede Tagel Wirasa sebagai Penjabat Bupati Gianyar yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri.

    Mahendra Jaya dalam sambutannya mengungkapkan bahwa lamanya masa jabatan penjabat bupati selama 1 tahun.

    Baca Juga:  Antari Jaya Negara Raih Apresiasi JCI Indonesia Badung Bali

    Jabatan Pj selama satu tahun atau kurang berdasarkan evaluasi, atau bisa diperpanjang dengan orang yang sama atau berbeda,” paparnya.

    Ditegaskan Pj. Bupati memiliki tugas yang kompleks dan kewenangannya tidak jauh berbeda dengan bupati definitif. Namun Mahendra Jaya juga mengingatkan akan adanya beberapa hal yang bisa dilakukan dengan persetujuan Menteri Dalam Negeri.

    “Secara garis besar tugas Pj. bupati yang perlu menjadi perhatian adalah yang pertama menjaga kesinambungan jalannya pemerintahan, pelayanan public, dan melanjutkan program pembangunan yang telah dilaksanakan oleh kepala daerah sebelumnya dengan berpedoman pada ketentuan perundang-undangan,” jelasnya.

    Ditambahkan, tugas Pj adalah menjaga stabilitas politik, pemerintahan, dan keamanan, agar penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan baik dan dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

    Mahendra Jaya juga mengingatkan agar Pj. Bupati senantiasa mendukung program-program prioritas nasional khususnya apa yang telah menjadi atensi Presiden Joko Widodo.

    Baca Juga:  Terima Sertifikat Elektronik dari AHY, Begini Harapan Arya Wibawa

    “Saya mengucapkan selamat kepada Tagel Wirasa dan Pj. Ketua TP PKK Gianyar. Saya harap sebagai ketua TP PKK Ny. Ni Ketut Widiastuti Wirasa dapat melanjutkan program PKK Kabupaten Gianyar yang sudah berjalan dengan baik,” ingatnya.

    Pj Gubernur juga berpesan dalam melakukan tugas dan wewenang Penjabat Bupati dilarang melakukan pengisian pejabat dan mutasi pegawai.

    Termasuk membatalkan perizinan yang dikeluarkan pejabat sebelumnya dan atau mengeluarkan perizinan yang berbeda dengan yang dibuat pejabat sebelumnya, membuat kebijakan pemekaran daerah dan membuat kebijakan yang berbeda dengan program pembangunan pejabat sebelumnya.

    “Namun larangan sebagaimana dimaksud dapat dikecualikan setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri,” wantinya.

    Mahendra Jaya juga memuji Bupati Gianyar periode 2018-2023 I Made Mahayastra -Agung Mayun sebagai pemimpin yang visioner, konsepsional, dan selalu dekat dengan rakyatnya serta selalu turun memantau jalannya program yang telah dilaksanakan.

    Baca Juga:  Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali 2024

    Meski memuji sosok Mahayastra, Mahendra Jaya juga menyoroti kemiskinan ekstrem dan stunting di Gianyar yang lebih tinggi dari rata-rata kemiskinan Provinsi Bali.

    Bupati Gianyar periode 2018-2023 I Made Mahayastra yang diwawancara media terkait kemiskinan di Gianyar mengatakan bahwa data yang disampaikan tersebut merupakan data dari BPS yang diambil berdasarkan sampling. Terlebih Mahayastra menjawab jumlah kemiskinan di Gianyar dengan aplikasi yang ada di handphone yang sedang digenggamnya.

    “Kita sudah ada data sensus dan dapat diakses semua orang. Kita sudah mulai ini dari 5 tahun lalu. Coba sebutkan satu desa di Gianyar, kurang dari 10 detik saya akan tunjukkan berapa jumlah kemiskinan di desa tersebut lengkap dengan fotonya, KTP nya, dan rumah tinggal bahkan meteran listrik yang digunakan,” jawabnya sambil membuka aplikasi data kemiskinan Gianyar. (ina/kb)

    Back to top button