GianyarSosial

Bersihkan Udara Ubud, Parta Pimpin Penyemprotan Eco Enzyme

GIANYAR, Kilasbali.com – Lantaran setiap hari dirundung kemacetan lalu lintas, kualitas udara Ubud, Gianyar sempat divonis tidak sehat berdasarkan catatan situs IQAir.com.

Anggota DPR RI, Nyoman Parta pun tidak ingin citra pariwisata Ubud kena imbasnya. Salah satu upayanya, dengan mengguyur kawasan Ubud dengan semprotan eco enzyme, Minggu (24/9).

Sedikitnya, 5.000 liter campuran cairan eco enzyme disemprotkan di daerah wisata Ubud. Penyemprotan mengambil titik dari SMA Negeri 1 Ubud, kemudian berkeliling di kelurahan Ubud.

Parta yang memimpin langsung penyemprotan cairan fermentasi itu mengungkapkan, penyemprotan eco enzyme ini bertujuan untuk membersihkan udara di daerah wisata Ubud. Terlebih, setiap hari Ubud dipadati kendaraan.

Baca Juga:  Dumas-kan Mahayastra, Mangku Rata Persilahkan ‘Digoreng’

“Padatnya kendaraan tidak hanya perlu disyukuri namun juga perlu diperhatikan agar udara tetap baik dan terjaga. Bahkan dalam beberapa kali kesempatan Udara Ubud sempat menyentuh angka buruk,” terangnya.

Parta memang memahami, padatnya kendaraan di Ubud sangat disyukuri, dalam artian kondisi itu menjadi indikator kondisi ekonomi masyarakat lancar, perputarannya juga baik. Bisa dibandingkan saat covid-19, jalannya lengang tapi ekonominya mandek.

“Untuk itu diperlukan upaya dan solusi agar alam tetap terjaga, utamanya udara yang dihirup masyarakat setiap hari. Salah satunya adalah penyemprotan eco enzyme,” terangnya

Baca Juga:  Apes Mobil Pensiunan ASN Dibobol, Uang Rp 54 Juta Raib

Parta pun mengaku terenyuh, lantaran udara Ubud yang dalam penghitungan kadar kebersihan udara beberapa minggu lalu sempat menyentuh angka buruk. Meski angka tersebut fluktuatif namun upaya dan aksi nyata untuk menanggulangi kebersihan udara itu harus tetap dilakukan.

“Tanggap cepat kita akan kondisi Ubud akan tetap menjaga nama baik Ubud sebagai destinasi wisata terbaik,” jelasnya.

Selain relawan peduli lingkungan, ratusan siswa SMA Negeri 1 Ubud, guru dan juga anggota polsek Ubud ikut mengkampanyekan eco enzyme untuk upaya pembersihan udara dan lingkungan.

Baca Juga:  Luas Tanam Padi Gianyar Belum Capai Target

“Apa yang kita lakukan hari ini bersama, semoga bisa bermanfaat dan membuahkan hasil untuk masyarakat banyak. Tidak hanya Udara mungkin kedepan kita perlu tuangkan eco enzyme ke got-got yang menjadi tempat pembuangan limbah rumah tangga, sehingga lingkungan kita benar-benar sehat dan terbebas dari polusi,” ujar Rika salah satu siswa SMA Negeri 1 Ubud. (ina/kb)

Back to top button