Seni BudayaTabanan

HIPMI Tabanan Fest 2023

    TABANAN, kilasbali.com – Bupati Tabanan diwakili Sekda I Gede Susila, mengapresiasi HIPMI Tabanan Fest 2023 yang digelar oleh pengusaha-pengusaha muda Tabanan dengan menampilkan suasana pasar rakyat.

    Penghargaan tersebut disampaikannya saat menghadiri kegiatan yang dirangkaikan dengan Pelantikan Pengurus BPC HIPMI Kabupaten Tabanan, di area terbuka GWS Tabanan, Sabtu (23/9).

    “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena HIPMI mampu menyuguhkan acara-acara yang disukai masyarakat Tabanan. Berlimpah kita lihat masyarakat Tabanan datang pada malam hari ini dengan gegap gempita,” ujar Bupati Tabanan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda I Gede Susila.

    Event dengan tema “Inovasi dan Kreativitas Muda untuk Pertumbuhan Ekonomi Lokal” ini dipandang pihaknya sangat tepat.

    Bahkan, kegiatan ini juga turut mendapat apresiasi sekaligus dihadiri oleh anggota Komisi IV DPR RI I Made Urip, Ketua DPRD Tabanan, jajaran Forkopimda, para Asisten, Inspektur dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Ketua BPD HIPMI dan Ketua BPC HIPMI se-Bali serta undangan terkait lainnya.

    Baca Juga:  Marga Festival 2024 Berdayakan Seniman dan Kuliner Lokal

     

    “Ide baru yang penuh inovasi dan diwujudkan dalam sebuah tema besar hari ini, yaitu inovasi dan kreativitas muda untuk pertumbuhan ekonomi lokal dengam suasana pasar rakyat. Bagi saya, tema ini sangat luar biasa karena di era pasar bebas yang menganut paham liberalisme, inovasi menjadi hal yang mutlak dilakukan oleh seorang pengusaha,” imbuh Susila.

     

    Namun demikian, di tengah arus deras liberalisasi dan kapitalisasi dalam persaingan korporisasi, pihaknya juga menekankan percikan pemikiran Bung Karno yang menyampaikan, bahwa, kapitalisasi yang sebagaimana dianut perekonomian dunia hari ini adalah sistem sentralisasi dan akumulasi kapital eksploitatif yang memisahkan kaum buruh dan pengusaha.

    Baca Juga:  Tingkatkan Prestasi Pencak Silat, Bupati Sanjaya Resmikan Padepokan Perisai Diri Tabanan

    Sebagai seorang marhaenisme, pihaknya tidak menginginkan pemisahan tersebut terjadi.

     

    “Saya berharap rekan-rekan pengusaha yang hadir hari ini dapat menjalin sebuah relasi atas kesetaraan dan tentunya berlandaskan atas penetapan kultur khas masyarakat Tabanan. Carilah uang dengan cara kapitalisme, tetapi pergunakan uang dengan cara berfikir ssoasialisme. Artinya, berkompetisilah dalam bidang perekonomian dengan sehat dan ketika sukses, ingatlah selalu berbagi kepada masyarakat,” tegasnya.

     

    Senada dengan Bupati, Rismayudha selaku Ketua Panitia Kegiatan, sebelumnya menyampakan, bahwa HIPMI Fest Tabanan 2023 adalah festival yang dibuat pengusaha-pengusaha muda di Tabanan yang bergerak di berbagai sektor, seperti pertanian, peternakan, pariwisata, kuliner, pengusaha digital dan lain-lain. Tema yang diambil untuk festival ini adalah inovasi dan kreativitas muda untuk pertumbuhan ekonomi lokal.

    Baca Juga:  Seniman Gender Anak-anak Beraksi Memikat Hati

     

    “Disini kita ingin membuktikan kepada semuanya, bahwa anak-anak muda di Tabanan mampu bersinergi dan membuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat Tabanan serta bermanfaat untuk pertumbuhan ekonomi di Tabanan,” ujar Rismayudha.

    Dia mewakili HIPMI Tabanan menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak terkait yang turut berkontribusi atas kegiatan ini, begitu juga kepada seluruh undangan yang hadir dan masyarakat. (m/kb)

    Back to top button