BangliSosial

Hari Kontrasepsi Sedunia, BKKBN di Bali Beri Layanan KB Gratis

    BANGLI, Kilasbali.com – Memperingati Hari Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2023, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) baik pusat maupun daerah melaksanakan pelayanan KB secara gratis di seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia.

    Pelaksanaan PSA di Provinsi Bali ini pun dilaksanakan di semua titik layanan kesehatan dan KB. Yakni di Rumah Sakit, Puskesmas, Praktik Mandiri Bidan, Klinik Swasta dan melalui Kader IMP.

    Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali Sarles Brabar melakukan kunjungan langsung di Klinik Pratama ER4 Medika Desa Catur Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Selasa (26/09/2023).

    “Pelayanan KB dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia di Bali ini dimulai pada hari ini hingga 4 Oktober 2023. Secara nasional ini kita mendapatkan target pelayanan sebanyak 17.432, target ini sudah dibagi rata di seluruh kabupaten/Kota,” jelasnya.

    Baca Juga:  Koster Sebut Komunikasi dengan De Gadjah Masih Lanjut

    Ditambahkan oleh Sarles Brabar bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan kolaborasi antara BKKBN Bali bersama mitra kerja lainnya .

    “Untuk memaksimalkan berjalannya pelayanan ini, kami bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota setempat,jajaran TNI serta Ikatan Bidan Indonesia,” ujarnya.

    Sarles Brabar menjelaskan, kerja sama ini juga selaras dengan tema yang ditetapkan yaitu integrasi penguatan kemitraan dalam rangka penggarapakan KBKR di wilayah khusus pada kegiatan momentum pelayanan KB serentak serangkaian kontrasepsi sedunia.

    “Kita harapkan melalui kegiatan ini penguatan program bangga kencana bersama mitra kerja bisa lebih ditingkatkan, kami sampaikan bahwa hari ini juga momentum bagi kita agar dapat menekan angka stunting melalui pengaturan jarak kelahiran anak,” harapnya.

    Komandan Kodim 1626 Bangli Letkol Kav I Ketut Artha Negara pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas terselenggarannya pelayanan KB serentak di Provinsi Bali.

    “Program ini merupakan program positif yang telah dikemas oleh BKKBN untuk mensejahterakan masyarakat dalam menjaga pertumbuhan penduduk di Indonesia khususnya Provinsi Bali dan tentunya pihak kami tetap terus bekerjasama untuk mendukung program bangga kencana,” tegasnya.

    Baca Juga:  Mahendra Jaya Tutup PKB XLVI/2024

    Sementara itu, Kepala Dinas PMDPPKB Kab Bangli Agung Purnama menjelaskan bahwa kolaborasi kuat antara penyuluh KB, Dinas Kesehatan serta pemerintah Desa menjadi kunci utama terlaksananya pelayanan KB secara maksimal.

    “Kita berupaya agar bisa mencapai target sehingga koordinasi hingga tingkat desa kami lakukan, melalui ini juga kita mewujudkan pertumbuhan penduduk yang berkualitas,” jelasnya

    Pemilik Klinik Pratama ER4 Medika, Putra Erawan berharap melalui kegiatan ini tetap berkelanjutan.

    “Kami mengapresiasi kepada pihak BKKBN Bali dan pemerintah Kabupaten Bangli karena memilih klinik kami menjadi pusat kick off Pelayanan KB serangkaian Hari Kontrasepsi Sedunia, kami berharap target yang diberikan dapat dicapai bahkan bisa melebihi target,” ucapnya

    Baca Juga:  Restu Dewata Group Berbagi Sembako Kepada Lansia di Jatiluwih

    Pelayanan KB sejuta akseptor ini juga dirangkaikan dengan penyerahan sembako untuk para akseptor yang telah diberikan pelayanan berupa sembako (beras, gula, mie).

    Salah satu akseptor bernama Santi Widiani (26 tahun, IUD) mengucapkan terima kasih atas pelayanan akseptor serentak yang diadakan dalam rangka Hari Kontrasepsi sedunia.

    “Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak BKKBN Bali, karena pelayanan serentak ini gratis sehingga saya rela jauh-jauh dari desa landih kec kintami untuk mendapatkan pelayanan, dan juga pelayanan diberikan sangat cepat dan ramah,” ujarnya.

    Turut hadir dalam pelaksanaan pelayanan KB serentak di Desa Catur Kabupaten Bangli, Camat Kintamani, Tim TP PKK serta Ketua IBI Provinsi Bali. (Dian/bkkbn/kb)

    Back to top button