DenpasarNews UpdatePendidikan

Edukasi Pungut dan Pilah Sampah

    DENPASAR, Kilasbali.com – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali didukung TP PKK Kota Denpasar menggelar kegiatan edukasi ‘Pungut, Pilah dan Buang Sampah Pada Tempatnya’, Sabtu (7/10/2023).

    Kegiatan yang menyasar ratusan siswa TK Dharma Putra Banjar Kedaton itu dilaksanakan di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung dan dipimpin langsung oleh Pj. Ketua TP PKK Provinsi Bali drg. Ida Mahendra Jaya.

    Edukasi diisi dengan kegiatan pemungutan dan pemilahan sampah di seputaran lapangan. Dengan sentuhan kasih sayang, Ida Mahendra membimbing dan memberi contoh kepada anak-anak tentang cara menyapu yang baik, memasukkan ke tempat sampah hingga penggunaan penjepit sampah.

    Selain itu, ia juga menekankan pentingnya upaya pemilahan sampah plastik dan organik. Ida Mahendra mengutarakan rasa kagum saat melihat anak-anak yang masih sangat belia begitu semangat dan cekatan saat menyapu dan memungut sampah.

    Baca Juga:  Badung Raih WTP 10 Kali Berturut, Giri Prasta Ungkap Ini

    “Terima kasih anak-anak karena tadi sudah ikut bersih-bersih, menyapu dan memunguti sampah,” ucapnya usai kegiatan bersih-bersih.

    Ia berharap, kebiasaan baik ini dilakukan pula di lingkungan rumah masing-masing.

    “Di rumah, harus rajin membantu orang tua ya,” pesannya.

    Lebih jauh Ida Mahendra menambahkan, kegiatan ini digelar untuk mendukung program Pemprov Bali, khususnya yang berkaitan dengan penanganan masalah sampah. Pelibatan anak TK menurutnya sangat penting karena budaya bersih mesti ditanamkan sejak dini.

    Baca Juga:  Spesies Mangrove di Bali Sangat Beragam

    Kegiatan edukasi diisi dengan ceramah singkat dari Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali I Made Teja. Dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak-anak, Kadis KLH mengajak mereka untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

    “Caranya adalah dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Selain itu biasakan juga memisahkan sampah plastik dan organik,” ujarnya.

    Baca Juga:  Pemkot Denpasar Pertahankan Opini WTP 12 Kali Berturut

    Edukasi yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi Bali Putu Anom Agustina diakhiri dengan pemberian bingkisan kepada anak TK yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. (m/kb)

    Back to top button