DenpasarNews UpdatePendidikan

SDM Bali Harus Berani Tunjukkan Kemampuan Namun Tetap Rendah Hati

    DENPASAR, Kilasbali.com – Penjabat (Pj) Gubernur Bali SM Mahendra Jaya menerima audiensi jajaran SMA N 1 Singaraja serta Ikatan Alumni Smansa Singaraja (Ikamasa) di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Sabtu, 7 Oktober 2023.

    Dalam arahannya Pj Gubernur SM Mahendra Jaya menyampaikan agar komponen dunia pendidikan khususnya SMA N 1 Singaraja, turut berperan serta mendukung fokus program kerja yang sedang diselenggarakan saat ini dalam mengemban jabatannya memimpin Bali. Terutama terkait pengentasan kemiskinan ekstrem, serta penurunan prevalensi stunting. Dalam hal ini, kepastian ketersediaan dan distribusi stok, serta stabilisasi harga pangan strategis selalu dalam pantauannya.

    Baca Juga:  Bali Jadi Provinsi Pertama Peluncuran Layanan Elektronik Pertanahan

    Disamping juga peningkatan kapasitas SDM generasi muda Bali pun menjadi perhatian Pj. Gubernur S. M. Mahendra Jaya, karena dinilai SDM yang memiliki potensi namun kurang mampu bersaing di luar Bali.

    “Tak dipungkiri, Saya yang meniti karir di pusat merasakan hal ini. Banyak generasi muda Bali yang sudah penempatan selalu ingin pindah tugas ke Bali. Padahal kalau ingin maju, ya harus berani bersaing di luar daerah. Sesonggan ‘De ngaden awak bisa, depang anake ngadanin’ yang filosofinya tetap bersifat rendah hati walaupun bisa, mungkin sedikit perlu dimaknai dengan tetap menunjukkan kemampuan atau kelebihan yang kita miliki. Sehingga orang lain bisa menilai diri kita,” ungkap Pj Gubernur sembari mengajak seluruh peserta agar tetap menjaga dan melestarikan adat, seni, budaya dan tradisi Bali.

    Baca Juga:  Beras Merah Turut Jadi Daya Pikat Delegasi WWF 2024 di Jatiluwih

    “Mari bangun Bali dari akar kehidupan masyarakatnya mulai adat, seni, budaya, tradisi dan kearifan-kearifan lokal Bali lainnya yang merupakan warisan leluhur yang adiluhung, menjadi nadi yang menghidupkan Bali, dan itu sudah diakui dunia. Bali ini wajahnya Indonesia, mari bangun Indonesia mulai dari Bali,” pungkasnya.

    Kepala Sekolah SMAN 1 Singaraja Made Sri Astiti menyampaikan bahwa sekolah yang dipimpinnya berkomitmen untuk selalu menjaga kemajuan lembaga melalui peningkatan mutu pendidikan dalam menciptakan SDM generasi muda Bali yang unggul, berdaya saing dan berkarakter.

    Agar bisa menjadi satu cerminan dan panutan dalam meniti kehidupan, dia pun mengundang Pj Gubernur Bali untuk hadir dan memberikan wejangan secara langsung dihadapan para siswa SMA N 1 Singaraja.  (rl/kb)

    Back to top button