GianyarSosial

Revitalisasi Bale Peneteg Pura Durga Kutri

    GIANYAR, Kilasbali.com – Revitalisasi situs budaya/agama, Kapolres Gianyar, AKBP Ketut Widiada, menyerahkan bantuan Perbaikan Bale Penegtegan, Pura Bukit Dharma Durga Kutri,  Buruan, Blahbatuh.

    Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada menyampaikan, perbaikan atap bangunan Bale Penegteg di Pura Bukit Durga Kutri adalah kegiatan kedua kalinya. Kegiatan lanjutan setelah renovasi/perbaikan toilet umum yang ada di nista mandala pada bulan juni tahun 2023.

    Baca Juga:  Jualan di Trotoar, Satpol PP Kota Denpasar Tipiring PKL

    Sebelum melaksanakan penyerahan terlebih dahulu personel Polres Gianyar dan Polsek Blahbatuh melaksanakan kegiatan bersih-bersih di seputaran areal Pura, mulai dari utamaning mandala, madya mandala sampai ke nista mandala.

    “Revitalisasi situs budaya/agama adalah program Bapak Kapolri serangkaian Hari Bhayangkara Ke- 77 tanggal 1 Juli 2023, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan meringankan beban masyarakat,” ujar Kapolres Gianyar.

    Sementara itu, Bendesa Desa Adat Kutri, I Wayan Jembong Arimbawan mengucapkan banyak terima kasih pada jajaran kepolisian atas bantuan revitalisasi situs budaya/agama pada bangunan toilet yang berada di areal nista mandala dan atap bale peneteg yang berada di areal utama mandala.

    Baca Juga:  Sambut Hari Anak, PLN Edukasi Anak Panti Asuhan Narayan Seva Singaraja

    “Bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga pengempon pura/pemedek dalam kegiatan upacara keagamaan,” ujarnya.

    Pihaknya berharap, apa yang dilakukan oleh Polres Gianyar, merangsang instansi lain, khususnya swasta agar memiliki kepedulian terhadap bangunan suci di Bali. Sebab, bangunan suci merupakan salah satu budaya yang mendatangkan wisatawan dari berbagai belahan dunia.

    “Mudah-mudahan kepedulian Polres Gianyar terhadap tempat suci, diikuti oleh sektor lainnya di Bali. Karena tempat suci yaitu pura merupakan salah satu alasan wisatawan datang ke Bali,” tandasnya. (ina/kb)

    Back to top button