Tabanan

Hari Ketiga Kebakaran di TPA Mandung, 75 Persen Titik Api Terkendali

    TABANAN, kilasbali.com – Hingga memasuki hari ketiga, penanggulangan kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mandung masih berlangsung. Hal itu dilakukan dengan mengkonsentrasikan upaya pemadaman dengan proses pendinginan.

    Tim Penanggulangan Darurat Kebakaran TPA Mandung bahkan mengklaim 75 persen titik api dalam kebakaran yang dimulai sejak Sabtu (14/10) dini hari itu sudah terkendali.

    “Sudah hampir 75 persen terkendali. Api sudah tidak muncul lagi. Tinggal memadamkan asap-asap ini,” ujar Sekda Tabanan yang juga Ketua Tim Penanggulangan Darurat Kebakaran TPA Mandung I Gede Susila, Senin (16/10).

    Meski demikian, ia tidak memungkiri bahwa di malam hari nyala api akan terlihat jelas. Seperti pantauan pada Senin (15/10) petang.

    Baca Juga:  Komisi I DPRD Tabanan Fokus Rekrutmen ANS-PPPK Guru

    Namun ia menyebut itu lebih disebabkan bara api di bagian bawah tumpukan yang lebih mudah terlihat di saat malam hari.

    “Mudah-mudahan tidak ada lagi yang bertambah,” ujar Susila usai meninjau kondisi terakhir kebakaran di TPA Mandung siang tadi.

    Ia menyebut penanggulangan kebakaran di TPA Mandung sekarang difokuskan pada proses pendinginan sesuai instruksi Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

    Baca Juga:  Hingga Mei 2024, Realisasi Retribusi Parkir Tabanan Sudah 50 Persen

    Proses pendinginan ini dilakukan dengan menyiramkan air pada seluruh permukaan bukit sampah secara berkala. Meskipun tidak ada api yang muncul sama sekali. “Sehingga air masuk ke bawah meresap,” jelasnya.

    Disinggung mengenai permintaan Desa Adat Kelating agar pengiriman sampah ke lahan eks galian C dibantu dengan ketersediaan alat berat, Susila mengaku sudah memikirkan hal tersebut.

    Ia mengatakan Pemkab Tabanan akan berupaya menyampaikan bantuan seperti yang diharapkan pihak Desa Adat Kelating tersebut. “Kemarin kami sudah koordinasi dengan bupati. Apa yang diperlukan di sana, dibantu,” sebutnya. (c/kb)

    Baca Juga:  Masuk Jalan Turunan-Oleng, Truk Boks Masuk ke Jurang

     

    Back to top button