DenpasarSosial

Belajar dari Kebakaran TPA Suwung Bali

Mahendra Jaya: Olah Sampah Berbasis Sumber

    DENPASAR, Kilasbali.com – Belajar dari peristiwa kebakaran TPA Suwung yang terjadi sejak 12 Oktober 2023, Penjabat (Pj) Gubernur Bali SM Mahendra Jaya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mengintensifkan pengelolaan sampah berbasis sumber.

    Hal ini disampaikan Mahendra Jaya kepada awak media seusai menghadiri Rapat  Paripurna  Ke-44 Masa Persidangan  III Tahun Sidang  2023, di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Provinsi Bali, Rabu (18/10).

    Baca Juga:  Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali 2024

    Menurutnya, mengolah sampah berbasis sumber sebagai salah satu upaya bersama dalam penanganan sampah di Bali.

    Mahendra Jaya mengatakan, dalam pengelolaan sampah berbasis sumber perlu adanya perubahan paradigma di tengah masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah yang dihasilkan.

    Baik sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga maupun sumber penghasil  sampah lainnya serta dibarengi dengan penegakan hukum.

    Baca Juga:  Duta Kota Denpasar Persembahkan ‘Ida Cokorda Mantuk Ring Rana’ di Pawai Pembukaan PKB

    “Kita belajar dari kejadian terbakarnya TPA Suwung, kita tata kelola kembali pengelolaan sampah kita dengan mengintensifkan pengelolaan sampah berbasis dari sumber. Disamping kita optimalkan juga Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) serta Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST),” imbuhnya.

    Terkait dengan dampak polusi udara  yang terjadi sebagai akibat terbakarnya TPA Suwung, Mahendra Jaya menyampaikan bahwasanya telah dilakukan berbagai penanganan melalui  kegiatan  kemanusiaan seperti  pembagian masker, vitamin serta menyiagakan puskesmas yang ada termasuk juga memberi  bantuan khususnya bagi masyarakat sekitar yang terdampak. (m/kb)

    Back to top button