GianyarNews UpdatePariwisata

Trend Pariwisata Bali 2024, ‘IHGMA Bali Leaders Talk’

    GIANYAR, Kilasbali.com – Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD Bali kembali menghadirkan kegiatan “Sharing Session & Leaders Talk” ke-16, sekaligus melaksanakan acara “Member Gathering”, yang diselenggarakan oleh IHGMA DPC Gianyar, di SereS Springs Resort & Spa, Ubud, Gianyar, Jumat (20/10/2023).

    Ketua IHGMA DPC Gianyar Nyoman Prabawa menyampaikan bahwa kegiatan “Member Gathering IHGMA Bali” kali ini berfokus untuk memperkuat eksistensi DPC dengan melakukan kegiatan gathering di masing-masing DPC secara bergantian, dan kebetulan pada bulan ini DPC Gianyar mendapatkan gilirannya.

    Prabawa menambahkan bahwa kondisi tourism recovery, khususnya di Kabupaten Gianyar semakin baik secara bertahap dan diharapkan semakin menguat dan pulih kembali normal di tahun 2024.

    “IHGMA DPC Gianyar berkomitmen dalam mewujudkan pariwisata Bali menjadi “trans sector” dengan memberikan kebermanfaatan kepada seluruh stakeholder yang ada, khususnya para petani lokal di Gianyar,” kata Nyoman Prabawa.

    Baca Juga:  Manfaatkan Sisi Positif WWF ke-10

    Kepala Bidang Organisasi, Kerjasama, dan Kelembagaan IHGMA Bali Wayan Parka menjelaskan, IHGMA berkomitmen dalam memperkuat sumber daya manusia (SDM), baik ditingkat daerah hingga cabang.

    Sebab, SDM yang berkualitas adalah kunci keberhasilan Bali dalam mewujudkan destinasi yang berkualitas sekaligus bertanggung jawab.

    Menurutnya, anyak permasalahan kepariwisataan di Bali muncul karena adanya ruang-ruang yang masih “abu-abu”, sehingga salah satu solusi yang bisa dikontribusikan adalah memperkokoh kualitas SDM, agar bisa memperkuat produk, pelayanan dan pengelolaan menjadi lebih berkualitas dalam mewujudkan kepuasan wisatawan yang berkelanjutan.

    Parka menambahkan bahwa kegiatan “Member Gathering” ini akan dilaksanakan di Kabupaten Buleleng, agar terwujud pemerataan dengan menghadirkan tema dan pembicara yang handal, serta relevan dengan kebutuhan SDM di kabupaten tersebut.

    “Tema acara kali ini “Tourism Trends in 2024 : Evolution of Travel and Traveller Behaviour”, menghadirkan dua narasumber yaitu, Komang Kariyana (Kelompok Ahli III IHGMA DPD Bali) dan Gegen Sumarjana (Country Manager Booking.Com Indonesia),” kata Kepala Bidang Pelatihan, Akreditasi, dan Sertifikasi Made Dwijantara, SE, MM.

    Topik ini dipilih, karena saat ini para general manager (GM) sedang mempersiapkan budget untuk tahun 2024, tentunya insight terkait kondisi travel dan traveller untuk tahun depan sangat dibutuhkan agar bisa memprediksi pencapaian yang rasional untuk ditetapkan pada tahun 2024.

    Baca Juga:  Indonesia Cetak Berbagai Rekor di WWF ke-10

    Didukung dengan respon positif dari para peserta, terkait acara ini dan diharapkan bisa disosialisasikan dan diikuti oleh kabupaten lainnya di Bali.

    Ketua IHGMA DPD Bali Dr Yoga Iswara, BBA, BBM, MM, CHA, dalam sambutannya memaparkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali saat ini mencapai 3.9 juta pada September 2023 (87%) dari target yang ditetapkan untuk tahun 2023, yaitu 4.5 juta wisman.

    Sehingga diprediksi hingga akhir tahun 2023 ini akan melebihi target yang ditetapkan, minimal 5 juta wisman sepanjang tahun 2023.

    Baca Juga:  BIN, TNI/Polri, dan BNPT Sukses Jaga Situasi Kondusif Selama WWF ke-10

    Trend untuk 2024 juga akan tetap menguat, walaupun terdapat tantangan dengan adanya perang Hamas dan Israel.

    Pasar Jepang dan China diharapkan akan meningkat di tahun 2024 dan berdampak pada penguatan pencapaian target di tahun 2024, serta pelaksanaan Pemilu bisa berjalan lancar, sehingga tidak memberikan dampak negatif pada sector pariwisata yang cukup sentitif dengan gangguan keamanan di dalam negeri.

    “Bersyukur, acara “Member Gathering” kali ini berjalan lancar dan tertib dalam suasana penuh kekeluargaan yang didukung oleh BIPO sebagai sponsor tunggal, serta Strategic Business Partner (SBP) yaitu, IPB International, Mediteranean, Alaric, Omsa Medic, Light Key, Imoto, Faspay, VHP dan Fibernet. Seluruh rangkaian acara ditutup dengan sesi makan malam bersama, diringi dengan live musik,” ungkap Milka Sitorus Kepala Bidang Humas IHGMA DPD Bali. (Kb/djo)

    Back to top button