PemerintahanTabanan

Lanjutkan Aksi Bungan Desa, Bupati Sanjaya di Mundeh Kangin Sampaikan Ini

    TABANAN, Kilasbali.com – Bungan Desa atau Bupati Ngantor di Desa yang merupakan program inovasi dari Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya sejak menjabat selaku Kepala Daerah Kabupaten Tabanan, terbukti sampai saat ini mampu memberikan berbagai hal positif dalam mendukung dan memenuhi harapan masyarakat sekitar.

    Sama halnya kali ini, Kamis (26/10), dengan berkantor di Desa Mundeh Kangin, Kecamatan Selemadeg Barat (Selbar), Orang nomor satu di Tabanan melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan akses, hingga kualitas pelayanan publik.

    Didampingi Sekda dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab dan Kepala Bagian di bagian Setda Tabanan, Camat Se-Kabupaten Tabanan dan unsur Forkopimcam Selbar, aksi Bungan Desa pagi itu dimulai dengan kegiatan pelestarian lingkungan melalui penanaman bibit pohon bersama Perbekel dan Bendesa Adat Mundeh Kangin serta jajaran, meninjau UMKM/Kuliner, Meninjau BUMDesa, bertatap muka dengan tokoh dan masyarakat, meninjau Sistem Informasi Desa (SID), hingga Peresmian Jalan Hotmix pada ruas jalan Kebon Padangan-Pasut. Terbilang sampai saat ini, Bupati Sanjaya telah melaksanakan aksi Bungan Desa di 35 Desa dari 133 Desa yang tersebar di sepuluh Kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan, dan Desa Mundeh Kangin menjadi Desa yang Ke-36.

    “Dengan berkantor di Desa, selain dapat menyerap aspirasi masyarakat dengan permasalahan yang ada, saya dan perangkat daerah dapat melihat secara langsung potensi yang ada di Desa, seperti adanya program ketahanan pangan budi daya jamur oleh PKK Desa, produk-produk unggulan UMKM, maupun kuliner yang ada di Desa Mundeh Kangin dan Pengadaan pupuk organik oleh kelompok Tani Merta Arum, Kelompok Tani Tunas Merta dan Kelompok Tani Porang Sejati. Ayo kembangkan terus potensi Desa agar kita bisa membangun Desa untuk dapat mewujudkan kemandirian Desa,” sebut Sanjaya saat itu.

    Baca Juga:  Teh Gobo, Teh Berbahan Dasar Sayur Gonda Ciri Khas Desa Bongan

    Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh Kepala Desa, untuk terus mengaktualisasikan Desa Presisi di Kabupaten Tabanan, terlebih Kabupaten Tabanan telah mendapat anugerah penghargaan katagori utama dari Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal. Di kesempatan itu, Bupati Sanjaya sekaligus meresmikan infrastruktur jalan, yaitu penghotmixkan pada ruas jalan Kebon Padangan – Pasut sepanjang 2,445 KM. Pihaknya seraya berpesan kepada warga untuk terus merawat jalan dengan budaya tedun dan semangat gotong-royong.

    Baca Juga:  Piraeus Yunani Jajaki Kerjasama dengan Kota Denpasar

    “Kita juga selaku pelayan publik, juga membawa para OPD untuk melayani masyarakat secara langsung, seperti hari ini kami bawa perpustakaan keliling, ada pembagian kacamata gratis juga dari dinas kesehatan, juga dari Dinas Bakeuda ada pelayanan BPHTB, perijinan juga. Jadi apapun yang kita miliki, bukan saja masyarakat yang datang ke Kabupaten Tabanan, tapi dengan berkantor di Desa, kita hadir langsung di tengah-tengah melayani masyarakat yang kita cintai,” ucapnya lebih lanjut.

    Kehadiran Bupati Tabanan beserta jajaran melalui program inovasi Bungan Desa mendapat sambutan positif dari Perbekel, Bendesa dan juga masyarakat Mundeh Kangin. Dimana program ini dipandang sangat efektif oleh I Gede Yudha Artama selaku Perbekel Desa Mundeh Kangin, untuk mengembangkan wilayah setempat, mulai dari infrastruktur, pelayanan publik, hingga akses masyarakat guna meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi warga sekitar. Hal itu terbukti dengan berbagai aksi sosial, menyerap aspirasi masyarakat, hingga kemudahan pelayanan publik disuguhkan untuk warga Mundeh Kangin.

    Baca Juga:  Wow!!! Transaksi Travex BBTF Ditarget Capai Rp 7,61 Triliun

     

    “Terkait program Bapak Bupati, program Bungan Desa hari ini di Desa Mundeh Kangin, kami Perbekel Desa Mundeh Kangin mengucapkan banyak-banyak terimakasih. Karena dengan kedatangan Bapak Bupati, permasalahan-permasalahan yang ada di Desa Mundeh Kangin, aspirasi-aspirasi yang ada di Desa Mundeh Kangin bisa diserap dan bisa kedepannya dicarikan solusi, sehingga membantu permasalahan-permasalahan yang ada di Desa kami. Sekali lagi terimakasih kepada Bapak Bupati beserta jajarannya hari ini sudah berkantor di Desa Mumdeh Kangin,” ujar Perbekel Mundeh Kangin.

     

    “Kami merasa sangat berbahagia sekali karena kehadiran Bapak Bupati dalam acara Bungan Desa di Desa Mundeh Kangin. Dan kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan yang sudah banyak sekali membantu wilayah kami, membantu pembangunan-pembangunan kami, walaupun banyak permasalahan yang nantinya kita carikan solusi dan diberikan petunjuk dari Bupati. Kami juga sangat antusias mengisi program-program maupun pelayanan yang disuguhkan kali ini, hingga UMKM kami juga ikut berpartisipasi,” imbuh Wayan Aryadana, warga asli Desa Mundeh Kangin yang turut menyambut kehadiran Bupati dan jajaran pagi itu. (m/kb)

    Back to top button