Denpasar

Puluhan Nelayan Desa Sidekarya Diberikan Pelatih SAR

    DENPASAR, Kilasbali.com – Puluhan nelayan yang terafiliasi dalam Kelompok Nelayan Muntig Siokan Desa Sidakarya mendapatkan Pelatihan Keselamatan dan Keamanan di Laut oleh Badan SAR Nasional (BASARNAS) Bali, Sabtu (28/10).

    Kegiatan yang berlangsung di Pantai Mertasari, Desa Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan ini dibuka Perbekel Desa Sidakarya, I Wayan Madrayasa serta dihadiri sejumlah staf Desa Sidakarya.

    Baca Juga:  Penyediaan Air Minum 3 Juta Rumah Tangga Terbantu WWF ke-10

    Perbekel Desa Sidakarya, I Wayan Madrayasa saat dikonfirmasi mengatakan, pembekalan kemampuan Search and Rescue (Pencarian dan Penyelamatan)

    SAR sebagai program pemberdayaan dan bagian penting dalam situasi darurat untuk menyelamatkan nyawa dan memberikan bantuan.

    “Mengingat potensi-potensi resiko selama berlayar, serta banyaknya wisatawan yang melakukan aktivitas di sekitaran pantai dan laut, kami menilai kemampuan SAR sudah merupakan bekal dasar yang perlu dimiliki para nelayan,” kata I Wayan Madrayasa.

    Baca Juga:  Spesies Mangrove di Bali Sangat Beragam

    Di samping itu Madrayasa berharap pelatihan ini dapat bermanfaat bagi peserta dan menjadi bekal dalam menghadapi kegawatdaruratan di laut.

    Semantara salah satu peserta pelatihan Nyoman mengaku sangat antusias dalam mengikuti setiap materi karena pihaknya menilai resiko dalam berlayar dan bermacam-macam kejadian dilaut dapat terjadi kapan saja.

    “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk kesiapan diri dalam melaut serta kesiapan dalam memberikan pertolongan jika terjadi kegawatdaruratan di laut,” ujarnya. (m/kb)

    Back to top button