Denpasar

Pokjanal Kabupaten/Kota Bangun Komitmen Optimalkan Fungsi dan Kedudukan Posyandu

    DENPASAR, Kilasbali.com – Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) memiliki peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan di tingkat kelompok kerja.

    Hal tersebut disampaikan Pj Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. drg. Ida Mahendra Jaya dalam arahannya dalam acara Penguatan Pokjanal Dalam Integrasi Layanan Primer Kabupaten/Kota, di Hotel Nirmala Denpasar, Kamis (2/11).

    Secara garis besar Pokjanal berperan melakukan koordinasi berbagai upaya pembinaan yang berkaitan dengan peningkatan fungsi dan kinerja Posyandu yang secara operasional dilaksanakan oleh unit dan kelompok pengelola Posyandu di desa, melalui mekanisme pembinaan secara berjenjang oleh Pokjanal Posyandu di daerah.

    Untuk itu pihaknya mengajak Pokjanal kabupaten/kota menyatukan persepsi dan tekad bersama mendedikasikan semua pengabdian untuk memaksimalkan kegiatan di posyandu, sehingga mempunyai komitmen yang sama dalam mengoptimalkan kembali fungsi dan kedudukan kelembagaan posyandu di daerah.

    Baca Juga:  Piraeus Yunani Jajaki Kerjasama dengan Kota Denpasar

    Lebih jauh dalam arahannya, Ny. Ida Mahendra Jaya juga menyampaikan bahwasannya Posyandu yang secara operasional dilaksanakan oleh unit dan kelompok pengelola Posyandu di desa, melalui mekanisme pembinaan secara berjenjang oleh Pokjanal Posyandu di daerah.

    Pokjanal Posyandu dapat berkontribusi membangun kesepahaman terkait pemberian layanan kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan ekonomi keluarga.

    “Peran pokjanal posyandu sangat penting, mari kita bangun kesepahaman bahwa posyandu adalah tanggung jawab kita bersama dalam memberikan layanan sosial dasar kepada masyarakat,” imbuhnya.

    Dalam acara yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom dan Kadis PMD Dukcapil Provinsi Bali Putu Anom Agustina, Pj Ketua TP PKK juga mengingatkan terkait penganekaragaman pangan, pangan yang beragam, bergizi seimbang dan berbasis pada potensi sumber daya lokal.

    Baca Juga:  Ambarrukmo ‘berKelana di Bali’, Kenalkan Tiga Intellectual Property di Geo Open Space

    Penganekaragaman pangan dalam lingkup keluarga dapat dilaksanakan melalui salah satu Unggulan Tim Penggerak PKK yaitu Gerakan Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (AKU HATINYA) PKK Selain penganekaragaman pangan, juga penting untuk memperhatikan keseimbangan makanan dengan konsep “Porsi Isi Piringku”.

    “Saya harap konsep “Porsi Isi Piringku” dan “Menu 4 Sehat 5 Sempurna” perlu kita sosialisasikan kembali di tengah-tengah masyarakat, hal ini penting dalam upaya kita bersama dalam menurunkan angka stunting dengan mengkonsumsi makanan sehat dan memperhatikan porsi makanan yang ada di piring kita sehari-harinya,” tuturnya.

    Baca Juga:  Duta Kota Denpasar Persembahkan ‘Ida Cokorda Mantuk Ring Rana’ di Pawai Pembukaan PKB

    Di akhir arahannya, Ny. Ida Mahendra Jaya berharap melalui gerakan “AKU HATINYA PKK” seluruh keluarga untuk menata halaman pekarangan rumahnya dengan tanaman yang bernilai ekonomis dan bermanfaat untuk keluarga. Jenis tanaman di pekarangan dapat disesuaikan dengan halaman pekarangan rumah dan diatur sedemikian rupa dalam “bentuk taman” dengan tanaman sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman obat keluarga, tanaman pelindung/tanaman keras dan tanaman hias, serta memelihara ternak dan ikan dalam rangka ketersediaan protein hewani untuk keluarga. (m/kb)

    Back to top button