News UpdateSeni BudayaTabanan

Bertema Paduraksa Jayaning Singasana, HUT Kota Tabanan Ke-530 Berdayakan Potensi Lokal

    TABANAN, Kilasbali.com – Rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tabanan Ke-530 akan dibuka pada Sabtu (4/11).

    Dalam perayaan kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan mengangkat tema Paduraksa Jayaning Singasana.

    Dengan tema itu, Pemkab Tabanan hendak memberdayakan potensi lokal yang dimiliki, khususnya dari segi isi perayaan.

    “Sehingga suasana HUT Kota itu semarak. Bukan hanya meriah dari berapa biaya yang dihabiskan,” kata Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dalam keterangannya menjelang pembukaan rangkaian perayaan HUT Kota Tabanan Ke-530, Jumat (3/11).

    Nantinya, kesemarakan HUT Kota Tabanan Ke-530 akan diwarnai dengan pementasan hiburan seni dan budaya oleh para seniman dan artis lokal.

    “Mereka di-up. Sehingga mereka punya ruang dan waktu untuk berekspresi. Sehingga konsepnya, dari kita untuk kita,” imbuhnya.

    Dengan potensi lokal tersebut, Pemkab Tabanan mengangkat tema Paduraksa Jayaning Singasana. Harapannya, perayaan HUT Kota Tabanan Ke-530 menjadi momen untuk membangun keseimbangan dan keharmonisan menuju Kota Tabanan yang lebih baik.

    Baca Juga:  Menteri Pengairan Tiongkok Antusias dengan Sistem Pengairan Subak

    Terkait kegiatan yang akan meramaikan perayaan HUT Kota Tabanan Ke-530, persiapannya sudah dimulai sejak sebulan sebelumnya.

    Khusus untuk pembukaan akan dilaksanakan pada Sabtu (4/11) di areal Gedung Kesenian I Ketut Maria dan Taman Kota Bung Karno.

    “Ditandai dengan kegiatan jalan sehat, pelepasan 530 balon, dan delapan ekor merpati,” jelas Kepala Brida Tabanan yang menjadi Ketua Panitia Perayaan HUT Kota Tabanan Ke-530, I Gusti Made Darma Ariantha.

    Di hari yang sama juga akan digelar lomba ikan mas koki bali dan acara hiburan lainnya yang berlanjut di hari berikutnya, Minggu (5/11), dengan creative fun walk.

    Pada minggu kedua, kegiatan perayaan HUT Kota Tabanan Ke-530 akan diisi dengan Gerakan Pangan Murah pada Selasa (7/11) yang dirangkaikan dengan Dajan Peken Festival serta pameran dan lomba bonsai pada Jumat (10/11).

    Baca Juga:  Spesies Mangrove di Bali Sangat Beragam

    Selain itu ada juga pagelaran kesenian yang dipersembahkan Dinas Kebudayaan (Disbud) dalam bentuk gender wayang, peragaan busana, gong kebyar wanita, dan pentas arja.

    Ada juga agenda kegiatan yang bertajuk Tribute to Mario yang menampilkan berbagai seni tari ciptaan maestro I Ketut Maria. Selanjutnya pada minggu kelima akan digelar pameran kuliner oleh IKM/UMKM di sekitar Gedung Kesenian I Ketut Maria.

    Parade budaya bertajuk Gema Singasana Tabanan akan digelar pada Senin (27/11) dengan melibatkan Bupati, Wakil Bupati, seluruh pimpinan OPD dan ASN, seniman, Jegeg Bagus Tabanan, Paskibraka, hingga siswa-siswi di Tabanan.

    Baca Juga:  Sanjaya Komit Kembangkan Kampung Buah di Tabanan

    Sedangkan puncak perayaan HUT Kota Tabanan Ke-530 akan berlangsung pada Rabu (29/11) yang ditandai dengan upacara di Taman Kota Bung Karno.

    Sementara di malam harinya akan dilakukan pemutaran video HUT Kota Tabanan Ke-530, peluncuran buku biografi I Ketut Maria dan pemutaran video tari Terompong, penyerahan piagam penghargaan bagi para pengabdi seni.

    Di malam yang sama, puncak perayaan HUT Kota Tabanan Ke-530 akan diisi dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Tabanan serta pementasan fragmentari Padu Raksaning Singasana serta pentas hiburan oleh beberapa penyanyi Bali. (c/kb)

     

    Back to top button